Waspada! Ini 5 Dampak Buruk Begadang Bagi Otak

Avatar of PortalMadura.com
Waspada! Ini 5 Dampak Buruk Begadang Bagi Otak
ilustrasi

PortalMadura.Com tidak hanya berdampak buruk pada kecantikan, namun juga punya pengaruh besar terhadap kesehatan. Bahkan tidak hanya itu saja, ternyata otak juga bisa menjadi sasaran empuk dari kegiatan yang satu itu.

Untuk itu, Anda perlu mengurangi begadang jika tidak ingin mengalami beberapa hal buruk. Apa saja?.

Berikut ini uraiannya:

Keputusan yang Buruk
Sama seperti alkohol, kurang tidur bisa meningkatkan kemungkinan seseorang menentukan keputusan yang buruk. Kurang tidur bisa mendampak interpretasi Anda pada suatu kejadian. Hal ini mengacaukan kemampuan Anda untuk membuat pertimbangan karena Anda tidak menilai situasi secara akurat dan bertindak bijak.

Jadi, kalau misalnya pacar Anda mutusin Anda pagi ini, coba tanya dulu, “kamu semalem abis begadang atau tidak?”.

Sensian Banget Sih
Jika kurang tidur, ada orang yang biasanya jadi lebih mudah menangis dalam hal sekecil apapun. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ‘Current Biology' menemukan,bahwa amygdala atau bagian otak yang bertanggung jawab untuk mendeteksi bahaya lebih aktif pada orang yang kurang tidur.

Hal ini berarti bahwa ketika Anda begadang semalaman, otak akan lebih siap untuk waspada dalam situasi yang sebenarnya tidak berbahaya, yang pada gilirannya membuat Anda lebih emosional.

Jadi Agak-agak…
Pernah ngobrol sama orang yang semalamnya abis begadang?. Terkadang jadi sedikit lebih lemot, kata-kata yang tercampur, atau hal-hal jadi kurang nyambung. Ini terjadi karena percaya atau tidak, kurang tidur bisa bikin Anda jadi tidak bisa berpikir jernih.

“Hukuman kognitif memengaruhi tidak hanya keterampilan matematika dan bahasa, tetapi juga kecerdasan emosional dan keterampilan lunak,” jelas perusahaan periset kesehatan tidur, Tuck.

“Pemahaman modern tentang kecerdasan menyatakan bahwa setiap individu memiliki beberapa jenis kecerdasan, misalnya antarpribadi, koping, analitis. Tes telah menunjukkan bahwa semua jenis kecerdasan jatuh setelah kurang tidur. Kecenderungan pemikiran magis dan kepercayaan pada takhayul meningkat” lanjutnya.

Efeknya Sama Seperti Mabuk
Mau coba mabuk tanpa harus keluar uang?. Jika ya, silahkan Anda begadang semalaman. Seorang profesor ilmu saraf dan psikologi di University of California, Berkeley, Matthew Walker, menulis untuk Business Insider bahwa begadang selama 19 jam berturut-turut berdampak sama pada otak ketika Anda mabuk.

Walker mencatat bahwa setelah 16 jam melek, fungsi mental mulai menurun, dan begitu mencapai 19 jam, Anda memiliki keterampilan pengambilan keputusan dan reaksi yang sama dengan orang mabuk.

Baca Juga: Ini 8 Trik Mudah Bikin Wajah Tetap Segar dan Cantik Bagi Wanita yang Suka Begadang

Jangka Panjang: Jangan Sampai Otak Anda jadi Begini
Kurangnya kesempatan untuk beristirahat dapat menyebabkan otak menyusut, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ‘Neurology‘. Atrofi otak dapat mengganggu kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, berkontribusi terhadap kelemahan otot, kehilangan pendengaran, kejang, gangguan neuropsikologis, dan masih banyak lagi dampaknya.

Kalau begadang cuma semalam dua malam sih ya tidak akan separah itu, tapi kalau Anda teratur atau sering melakukan itu waspadai risiko yang satu itu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.