Waspada! Kenali 5 Tanda Mobil Anda Harus Ganti Oli

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada! Kenali 5 Tanda Mobil Anda Harus Ganti Oli
ilustrasi

PortalMadura.Com – Jika mesin merupakan jantung dari sebuah kendaraan, maka oli adalah darahnya. Fungsi oli memang sebagai pelumas mesin, karena itu keberadaan oli merupakan bagian yang sangat penting dalam mobil.

Oli mobil yang tidak cepat diganti pada waktunya akan mengurangi kinerja mesin tidak optimal. Bahkan, oli yang sudah tidak bagus bakal menyebabkan kerusakan jika terlalu lama di mobil.

Untuk itu, jika Anda memiliki mobil, maka sangat penting mengetahui kapan atau tanda-tanda apa yang terlihat saat oli mobil seharusnya diganti.

Berikut lima cara mudah mengetahui kapan oli harus diganti:

Cek Warna Oli
Warna oli menentukan kapan harus atau tidaknya oli diganti. Artinya, tidak ada salahnya Anda sering mengontrol warna oli mobil. Jika warnanya sudah hitam dan encer, maka itu tandanya harus cepat diganti.

Mesin Mobil Terasa Kasar
Tanda itu bisa jadi patokan oli mobil harus segera diganti. Anda bisa merasakan kondisi mesin, saat biasanya sesudah mengganti oli mesin. Perbedaan akan kentara, tidak semulus semula.

Mengecek Kartu Pengingat Ganti Oli
Biasanya bengkel akan memasang atau memberikan kartu jadwal pengingat setelah ganti oli, hal itu bisa dijadikan patokan kapan waktu ganti oli.

Bengkel umumnya akan merekomendasikan oli mesin perlu diganti tiap 5.000 km, walaupun memang ada beberapa mobil baru saat ini yang merekomendasikan jarak 10.000 km untuk interval pergantian oli mesin.

Peringatan Mobil untuk Mengganti Oli
Pada mobil keluaran terbaru, ada tanda peringatan mobil untuk ganti oli yang berada di dekat setir. Tanda ini akan menyala bila dirasakan tekanan oli dalam mesin mobil terlalu rendah.

Bahkan, tanda ini sangat serius dan perlu diperhatikan, apabila diabaikan maka mesin mobil akan mati.

Cek Tongkat Pengukur Oli Mesin
Sebelum mengecek, pastikan dahulu mesin mobil Anda dalam keadaan dingin. Setelah itu buka kap mobil, ada bagian tongkat celup terhubung ke tangki oli.

Alat ini digunakan untuk menentukan berapa banyak oli yang masih tersedia di dalam tangki. Bila tidak sesuai standar lebih baik segera mengisi oli tersebut. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.