Wow, Ini Manfaat Nangis Yang Jarang Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Wow, Ini Manfaat Nangis Yang Jarang Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Guys, kapan Anda terakhir menangis ? Apa yang membuat Anda menangis dan apa yang Anda rasakan saat menangis, sedihkah, bahagia, khawatir atau justru semakin lega? Namun, menangis bukanlah suatu pertanda Anda lemah ataupun kalah. Adanya banyak permasalahan yang membuat kita secara sadar maupun tidak akhirnya menangis dan meluapkan emosi. Selain itu, juga ada banyak kebahagiaan juga yang membuat kita terharu dan membuat kita menitikkan air mata.

Tahukah Anda, bahwa pada dasarnya, menangis memiliki manfaat mengagumkan lho. Berikut manfaat menangis yang jarang kita ketahui dan mengagumkan.

1. Memahami Diri Sendiri

Tak hanya disebabkan oleh perasaan kecewa, menangis juga sering disebabkan oleh perasaan bahagia dan pengharapan. Saat menangis, perasaan akan terasa campur aduk. Disadari atau tidak, saat menangis, Anda akan tahu seperti apa diri Anda, apa yang Anda inginkan dan apa yang telah membuat hati Anda tersakiti.

Dengan menangis, akan membuat Anda memahami diri Anda sendiri. Menangis akan membuat mengingat segala pengalaman hidup yang telah Anda lewati selama ini. Anda juga akan mengerti apa yang membuat diri Anda bahagia, tersakiti juga sejenisnya.

2. Meningkatkan Empati Orang di Sekitar

Menangis di depan orang yang peduli dengan Anda akan membuat orang tersebut lebih peduli lagi pada Anda. Orang-orang di sekitar Anda juga akan mulai lebih memperhatikan Anda, ia akan memberikan nasehat terbaiknya hingga memberi suntikan kebahagiaan buat Anda.

Dukungan demi dukungan akan selalu Anda dapat dari orang-orang terdekat saat Anda menangis karena sedih atau pun terharu. Menangis juga akan membuat orang lain di sekitar lebih peka akan perasaan Anda.

3. Perasaan Jadi Lebih Lega

Para ahli menyebutkan bahwa menangis bisa membuat perasaan terasa lebih lega, bahagia dan nyaman. Karena dengan menangis Anda bisa memahami diri Anda sendiri, sehingga akan merasa lebih lega. Tidak hanya itu, tubuh akan terasa lebih ringan setelah Anda berhasil menumpahkan segala emosi dengan menangis.

Disadari atau tidak, menangis akan memberikan kekuatan baru pada fisik maupun psikis, agar bisa memulai segalanya dengan lebih bahagia, baru dan hati-hati. Anda pun juga bisa lebih belajar dari banyak pengalaman bahwa Anda adalah pribadi yang kuat meski kerap meneteskan air mata.

Nah dari manfaat yang telah dijelaskan di atas, jadi Anda tak perlu malu lagi untuk meluapkan emosi dengan menangis ya.(vemale.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.