5 Cara Hentikan Kebiasaan Menonton Televisi Pada Anak

Avatar of PortalMadura.Com
5 Cara Hentikan Kebiasaan Menonton Televisi Pada Anak
Ist.Net

PortalMadura.Com – Kebanyakan -anak pada zaman sekarang lebih sering menghabiskan waktu dengan cara menonton televisi (TV). Meskipun tontonan yang dilihat oleh anak bersifat wajar seperti film kartun, namun apabila hal ini menjadi kebiasaan dan bahkan kecanduan maka akan merusak anak.

Jika buah hati kecanduan nonton TV, apa yang harus dilakukan orangtua? Salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi anak yang selalu ‘menempel' pada televisi adalah dengan memikat anak pada kegiatan lain. Perlu diketahui, kecanduan nonton TV dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti obesitas, performa akademik yang buruk, kekerasan, dan gangguan perilaku.

Orangtua harus tahu bagaimana cara mencegah komplikasi-komplikasi itu, inilah cara yang dapat Anda Lakukan.

Mulailah dari Sekarang
Kecanduan anak dari televisi berawal dari kebiasaannya berada dekat dengan televisi. Bahkan, tak jarang ditemui dalam beberapa kasus, anak berusia 2 tahun sudah mulai tertarik memperhatikan televisi. Jika hal ini dibiarkan dan tidak segera ditangani, maka kebiasaanya ini akan berubah menjadi kecanduan yang akan semakin sulit untuk dihilangkan. Untuk itu, mulailah menghentikan kebiasaanya ini dari sekarang.

Membatasi Acara yang Ditonton Anak
Tak perlu meneriaki anak untuk mematikan televisi. Dibanding melakukan hal yang akan memperburuk suasana, sebaiknya ajak anak untuk berdiskusi tentang acara televisi. Tanyakan satu atau dua acara yang paling mereka sukai, kemudian batasi waktu menonton televisi dengan hanya memperbolehkan menonton acara favorit tadi saja. Ingatlah untuk membatasi acara yang ditonton, cukup satu atau dua tayangan saja.

Jadilah Contoh yang Baik
Dalam hal menghentikan anak dari kecanduannya terhadap televsi, maka peran orangtua amat dibutuhkan. Jika anda tidak terbiasa menghabiskan waktu didepan televisi, maka anak tidak akan secara otomatis tergoda untuk menghabiskan waktunya disana.

Mendorong Anak untuk Bersosialisasi
Anak yang introvert cenderung akan menghabiskan banyak waktunya dikamar atau dirumah. Ketika tidak banyak kegiatan yang mereka temukan dirumah, maka televisi akan menjadi pelampiasan kegiatannya. Dengan begini anak akan terbiasa menyendiri dan hanya bertemankan dengan televisi.

Mengubah Pola Asuh
Kecanduan televisi pada anak juga bisa disebabkan karena pola asuh orangtua. Pola asuh yang salah misalnya menyuruh anak menonton televisi sembari makan, menyalakan televisi untuk mendiamkan anak yang rewel, atau meninggalkan anak bersama televisi ketika orangtua sedang sibuk.

Untuk itu, jangan pernah menganggap televisi sebagai alternatif pengasuh. Karena perubahan untuk kebaikan anak dimulai dari orangtua. (bidanku.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.