DKP Tak Terima Dianggap Tanpa Kontribusi

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Dewan Kesenian Pamekasan (DKP) tidak terima setelah dianggap kontribusinya terhadap kesenian di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur tidak nampak.

Ketua III DKP, Yoyok R. Effendi mengatakan, setelah kepengurusan DKP dikukuhkan pada tanggal 23 Desember tahun 2014, pihaknya langsung mendata potensi seni budaya yang ada di 13 kecamatan.

“Ini masalah komunikasi dan informasi yang tidak sampai kepada stakeholder, intinya setelah kita dikukuhkan meskipun tidak memiliki dana, tapi kita tetap bergerak,” bantahnya, Kamis (17/9/2015).

Yoyok melanjutkan, pendataan seni budaya itu sebagai langkah awal untuk membina potensi di setiap daerah. Sehingga, apabila nanti data yang diperoleh sudah lengkap, maka akan diinventerisasi oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Disporabud) untuk diberikan nomer induk keanggotaan (NIK).

“Selama ini kita selalu bermitra dengan Disporabud untuk sharing pemikiran. Khususnya untuk hari jadi Pamekasan yang jatuh pada bulan Oktober mendatang, seperti semalam di Madura, Kacong Cebbhing dan lain-lain,” akunya.

Selain itu, pihaknya akan menghidupkan kantor sekretariat DKP yang terletak di eks Stasiun PJKA Jalan Trunojoyo. Sehingga, segala kegiatan yang berkaitan dengan kesenian di bumi Gerbang Salam lebih optimal.

“Dari data yang diperoleh itu nanti, ada seni yang berakar di semua kecamatan. Yang berakar itu belum tentu hidup, kadang-kadang ada yang mati juga. Kemudian ada juga seni impor, artinya seni dari luar Madura yang hidup, dan inilah nanti yang akan kami pilah. Tentunya setelah dapat NIK dari Disporabud,” bebernya.

Sebelumnya, Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan, Apik mengungkapkan, kontribusi DKP untuk kemajuan kesenian di bumi Gerbang Salam nihil. Padahal, keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat guna mempertahankan serta mengembangkan bidang kesenian.

Ia meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus mendorong kemajuan seni budaya yang akhir-akhir ini mulai luntur akibat tergerus zaman. Dorongan tersebut salah satunya berupa penyediaan anggaran yang memadai. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.