Ini Manfaat Kecambah Bagi Kesehatan Manusia

Avatar of PortalMadura.Com
Ini Manfaat Kecambah Bagi Kesehatan Manusia
Ist. net kecambah

PortalMadura.Com – Anda pasti sering makan bakso, soto mie, atau tahu goreng yang di dalamnya terdapat .

Kecambah memang lazim dijadikan santapan sehari-hari dengan kombinasi bahan-bahan lain seperti dalam tahu isi, bakso dan sejenisnya.

Kecambah atau tauge ini, makanan masyarakat yang mudah didapat. Mungkin yang belum banyak diketahui bahwa kecambah ternyata banyak manfaatnya.

Mencegah Kanker
Kecambah dikenal sebagai makanan yang mengandung banyak serat dan air yang dapat membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal tersebut tentunya menjadi kekuatan kecambah dalam mengurangi kanker.

Mencegah Osteoporosis dan Serangan Jantung
Kandungan etrogen alami di dalam kecambah dapat berperan dalam meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang, dan juga mencegah terjadinya kekeroposan pada tulang.

Dengan kandungan saponinnya, kecambah dapat menghancurkan lemak jahat dalam tubuh. Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam kecambah alfalfa. Kecambah ini memiliki bentuk yang menyerupai tunas halus berdaun hijau dengan rasa yang renyah dan segar. Keunggulan dari kecambah alfalfa adalah kandungan saponin yang terdapat di dalamnya sangat tinggi.

Meningkatkan Kesuburan
Kalau rutin dikonsumsi, kecambah sangat berperan dalam meningkatkan kesuburan seseorang. Kecambah memiliki kandungan vitamin E alfa yang sangat membantu dalam meningkatkan kesuburan.

Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Dengan mengkonsumsi kecambah, ada kemungkinan vitamin E-nya akan melindungi sel-sel telur atau spermatozoa dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Bila dikonsumsi secara rutin maka banyak sekali khasiatnya bagi tubuh manusia. Kecambah bisa menjadi semacam nutrisi bagi tubuh karena memiliki banyak sekali kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti untuk pencegahan kanker dan juga memperbaiki kualitas sperma.(deherba.com/salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.