Inilah Manfaat Luar Biasa Pacar Air Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Manfaat Luar Biasa Pacar Air Bagi Kesehatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pacar air sering kita jumpai dipekarangan rumah sebagai tanaman hias. Nama latin tanaman ini adalah Impatiens balsamina Linn yang berasal dari India.

Pacar air merupakan tanaman herba berbatang basah (herbaceus), lunak, bulat, bercabang, dab berwarna hijau kekuningan. Tanaman ini mengandung malvidun, cynidin, pelargindin, kaempherol, anthocyanin, quercetin, dan delphinidin yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Nah, berikut ini beberapa manfaat pacar air bagi kesehatan. Yuk simak!

Mengobati Rematik dan Radang pada Kulit
Rematik sering melanda daerah persendian, sehingga mengakibatkan rasa yang sakit pada daerah tersebut. Untuk meredakan rasa sakit tersebut dapat menggunakan bunga pacar air yang dihaluskan secukupnya, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

Mengobati Pembengkakan
Pembengkakan di bagian tubuh dapat terjadi dikarenakan beberapa hal, seperti tergigit serangga.  Cara mengatasinya dengan menggunakan bunga pacar air sebanyak 3 – 6 gr yang ditumbuk halus dengan ditambah arak putih secukupnya atau bisa menggunakan alkohol.  Selanjutnya tempelkan pada bagian tubuh Anda yang mengalami pembengkakan.

Mengobati Bisul
Bisul merupakan penyakit yang dapat menyiksa penderitanya, apalagi bila terdapat didaerah tertentu.  Cara mengobati bisul dapat menggunakan bunga pacar air sebanyak 3 -6 gr dan daun cocor bebek  5 lembar yang direbus menggunakan 500 cc air sampai tersisa 200 cc air. Saring dan minum air rebusan tadi dalam keadaan hangat.

Mengobati Hipertensi
Hipertensi atau biasa dikenal tekanan darah tinggi dapat terjadi oleh setiap orang. Untuk mengatasi hipertensi dapat menggunakan bunga pacar air sebanyak 10 gr dan seledri kecil 100 gr. Rebus kedua bahan tersebut dengan 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusan tersebut.

Namun, perlu diperhatikan juga untuk ibu yang sedang hamil dan menyusui dilarang meminum ramuan tersebut. (kesehatanpedia.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.