Krisis Dokter Spesialis, Banyak Pasien RSUD Pamekasan Tidak Tertangani

Avatar of PortalMadura.Com
sumenep kekurangan dokter
ilustrasi

PortalMadura.Com, – Rumah Sakit Umum Daerah () Dr. Slamet Martodirdjo Pamekasan, Madura, Jawa Timur sampai sekarang masih . Akibatnya, banyak pasien yang tidak bisa tertangani.

Humas RSUD Dr. Slamet Martodirdjo Pamekasan, Saleh Lahadi mengatakan, untuk mengisi kekurangan itu, pihaknya terpaksa mengambil dari rumah sakit lain di Pamekasan dan luar Pamekasan. Bahkan, pasien yang tidak tertangani lantaran terkendala sumber daya manusia (SDM), harus dirujuk ke rumah sakit lain.

“Yang paling dibutuhkan itu adalah dokter spesialis saraf, dokter Spesialis Jantung, Bedah Urologi dan Spesialis Bedah Saraf. Untuk saat ini kebutuhan dokter spesialis didatangkan berdasarkan kerjasama dengan Rumah Sakit lain di luar Pamekasan,” tandasnya.

Kerja sama yang dibangun oleh rumah sakit berplat merah itu dengan Rumah Sakit lain adalah dokter spesialis jiwa dengan RSUD Moh. Anwar Sumenep, Patologi Anatomi dengan Rumah Sakit Bangkalan. Sementara untuk spesialis jantung, pihaknya berencana untuk bekerjasama dengan RS dr Soetomo Surabaya.

Dikatakan, untuk memenuhi kekurangan itu harus menunggu kebijakan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Departemen Kesehatan atau pergeseran PNS dari Rumah Sakit lain ke RSUD Pamekasan.

“Untuk dokter spesialis anak saja di RSUD hanya ada dua orang. Mudah-mudahan, segera ada tambahan dokter spesialis,” tutupnya. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.