oleh

Krisis Dokter Spesialis, Banyak Pasien RSUD Pamekasan Tidak Tertangani

PortalMadura.Com, Pamekasan – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Slamet Martodirdjo Pamekasan, Madura, Jawa Timur sampai sekarang masih kekurangan dokter spesialis. Akibatnya, banyak pasien yang tidak bisa tertangani.

Humas RSUD Dr. Slamet Martodirdjo Pamekasan, Saleh Lahadi mengatakan, untuk mengisi kekurangan itu, pihaknya terpaksa mengambil dari rumah sakit lain di Pamekasan dan luar Pamekasan. Bahkan, pasien yang tidak tertangani lantaran terkendala sumber daya manusia (SDM), harus dirujuk ke rumah sakit lain.

“Yang paling dibutuhkan itu adalah dokter spesialis saraf, dokter Spesialis Jantung, Bedah Urologi dan Spesialis Bedah Saraf. Untuk saat ini kebutuhan dokter spesialis didatangkan berdasarkan kerjasama dengan Rumah Sakit lain di luar Pamekasan,” tandasnya.

Kerja sama yang dibangun oleh rumah sakit berplat merah itu dengan Rumah Sakit lain adalah dokter spesialis jiwa dengan RSUD Moh. Anwar Sumenep, Patologi Anatomi dengan Rumah Sakit Bangkalan. Sementara untuk spesialis jantung, pihaknya berencana untuk bekerjasama dengan RS dr Soetomo Surabaya.

Dikatakan, untuk memenuhi kekurangan itu harus menunggu kebijakan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Departemen Kesehatan atau pergeseran PNS dari Rumah Sakit lain ke RSUD Pamekasan.

“Untuk dokter spesialis anak saja di RSUD hanya ada dua orang. Mudah-mudahan, segera ada tambahan dokter spesialis,” tutupnya. (Marzukiy/har)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.