PortalMadura.com

Pungkasi Kegiatan HUT RI, Paguyuban Kades se-Batuputih Selenggarakan Pengajian Akbar

  • Rabu, 31 Agustus 2016 | 15:46
Pungkasi Kegiatan HUT RI, Paguyuban Kades se-Batuputih Selenggarakan Pengajian Akbar

PortalMadura.Com, Sumenep – Paguyuban Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Batuputih, Sumenep, Madura, Jawa Timur menyelenggarakan pengajian akbar, di Lapangan Sepak Bola Renteng, Batuputih, Rabu (31/8/2016).

Penceramah yang dihadirkan, yakni Pengasuh Pondok Pesantren Darul Amien, Sampang , KH Nuruddin Hasbullah. Pengajian yang mengakhiri kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 itu, mengambil tema “Mengenang Jasa-Jasa Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan RI”.

Sedikitnya 2.500 warga muslim hadir dari 13 desa yang digerakkan para kepala desa (satu desa absen) yang pro pengajian akbar. Undangan lain, Forpimka Batuputih, tokoh agama dan pengasuh pondok pesantren setempat. Hadir juga memberikan sambutan, Bupati Sumenep, A Busyro Karim.

“Pengajian ini memang sengaja digagas oleh para kepala desa yang pro pengajian, dalam rangka mengakhiri kegiatan Agustusan. Tujuannya, selain mengaji, juga untuk mendoakan para pahlawan yang gugur dalam membela Kemerdekaan RI,” kata Koordinator Paguyuban Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Batuputih, Sumenep, Santoso, pada PortalMadura.Com.

Kepala Desa Juruan Daya ini menjelaskan, bahwa pengajian akbar merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh paguyuban Kepala Desa se-Kecamatan Batuputih. “Kegiatan keagamaan memang perlu terus diadakan dan ditingkatkan dalam usaha mendekatkan diri kepada Allah,” ucapnya.

Sementara, panitia penyelenggara, Hasan, mengharapkan, jamaah pengajian dapat mengambil hikmah dari isi pengajian sekaligus mendoakan para pahlawan yang telah gugur berperang untuk merebut Kemerdekaan RI.

“Saat ini, kader bangsa tinggal menikmati hasil perjuangannya. Maka, selayaknya untuk mendokan para pahlawan yang telah gugur itu,” katanya.

Sementara, Bupati Sumenep, A Busyro Karim dalam sambutannya mengapresiasi dengan kegiatan keamaan yang dikemas dengan pengajian. “Ini kegiatan yang luar biasa, apalagi digagas oleh para pemimpin, dalam hal ini kepala desa se-Batuputih,” katanya.

Orang nomor satu di Sumenep itu, mengharapkan, kegiatan serupa perlu terus ditingkatkan dan dipupuk, lebih-lebih pengajian yang melibatkan masyarakat se-Kecamatan Batuputih. “Dalam momen ini, selain mengaji juga momen silaturrahmi yang dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah,” tandasnya.

Pengajian akbar diawali dengan pembacaan salawat oleh Jamiatul Hadrah Khairul Fatah, dan tahlil serta doa bersama. (Hartono)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional