Ragu dalam Salat Sudah Rakaat Berapa? Lakukan Hal Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Ragu dalam Salat Sudah Rakaat Berapa? Lakukan Hal Ini
ilustrasi (trendkita.com)

PortalMadura.Com – Ketika melaksanakan kadang sering muncul keraguan dalam diri seseorang, yaitu sudah berapa rakaat dan di rakaat berapa salatnya.

Hal ini mungkin pernah kita alami bersama saat sedang beribadah. Lalu apa yang harus dilakukan jika hal tersebut terjadi pada diri Anda?. Misalnya lupa sudah tiga rakaat atau empat rakaat.

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz dalam kitabnya “Tuhafatul Ikhwan bi Ajwibatin Muhammatain Tata'allaqu bi arkanil Islam” yang diterjemahkan menjadi Tanya Jawab tentang rukun islam membahas masalah ini.

Menurut Syaikh Bin Baz, bahwa yang wajib bagi orang tersebut adalah meyakinkan jumlah yang lebih kecil. Jadi dalam kasus ini, ia meyakinkan bahwa sudah tiga rakaat. Setelah rakat empat ia sujud sahwi
(sujud karena lupa) lalu salam.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Jika seseorang dari kalian ragu dalam salatnya, lalu ia tidak tahu berapa yang telah ia kerjakan tiga atau empat rakaat, maka hendaklah ia membuang keraguan dan membangun atas apa yang ia yakini. Kemudian hendaklah ia sujud dua kali sebelum salam. Jika ternyata ia salat lima rakaat, kedua sujud itu menggenapkan salatnya. Dan jika ia salat sempurna (4 rakaat), maka kedua sujud itu merupakan kemenangannya atas setan,” (Hadis Muslim dalam shahihnya).

Adapun bila memilih yakin terhadap satu diantara dua kemungkinan permasalahan tadi dan memilih mana yang ia yakini, maka setelah salam ia juga harus sujud sahwi dua kali. (pintarin.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.