Sumenep Berstatus KLB DBD

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Kasus  berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dinyatakan status kejadian luar biasa (KLB). Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, hingga tanggal 26 Januari, jumlah penderita DBD mencapai 298 kasus.

“Jumlah tersebut meningkat drastis dibanding tahun lalu yang hanya sekitar 50 kasus di bulan yang sama tersebar di 78 desa pada 22 Kecamatan,” ungkap dr Fatoni, Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Senin (26/1/2015).

Menurutnya, jumlah penderita penyakit tersebut naik lima kali lipat dari tahun lalu, bahkan tiga orang dinyatakan meninggal dunia.

“Sumenep merupakan salah satu dari 11 kabupaten/Kota KLB DBD di Jawa Timur,” katanya.

Ia menegaskan, indikator ditetapkannya KLB DBD di antaranya, secara kuantitas kasusnya meningkat lima kali lipat dibanding tahun sebelumnya, adanya angka kematian penderita dan kecenderungan adanya peningkatan dari tiga bulan sebelumnya.

“Kami mengintruksikan kepada Puskesmas-Puskesmas untuk lebih massif lagi melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN),” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya akan terus menggalakkan sosialisasi mengenai pentingnya gizi terhadap kekebalan tubuh dan sekaligus pengasapan dan abatisasi dibeberapa titik.

“Kami juga akan terus melakukan sosialisasi agar masyarakat memperhatikan kebersihan lingkungan dan asupan gizi agar meningkatkan kekebalan tubuh,” tukasnya. (arifin/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.