Tangkal kejahatan dunia maya dengan cara ini

Avatar of PortalMadura.Com
Tangkal kejahatan dunia maya dengan cara ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Para penjahat siber akan terus mengintai Anda dengan segala macam cara untuk mencuri data penting Anda, baik yang ada dalam komputer maupun handphone, serta bentuk penipuan lainnya.

Berikut langkah pencegahan yang perlu Anda lakukan di era internet.

1. Selalu Curiga
Jangan sembarangan membuka email yang berasal dari pihak yang tidak dikenal. Penjahat siber umumnya memanfaatkan email yang mereka kirim dan menyelipkan tautan. Ketika tautan diklik, konten malware akan merusak komputer/ponsel Anda, sekaligus mencuri data.

2. Jangan pernah buka attachment yang meragukan
Selain disertai link, email abal-abal juga kerap memasukkan attachment yang menggoda untuk membukanya. Jika tidak 100 persen yakin dengan si pengirim, jangan pernah membuka.

3. Gunakan verifikasi 2 langkah
Jangan hanya mengandalkan password. Karena ketika hacker telah mengetahui password, semua data akan bisa dicuri. Sebagai tambahan keamanan, gunakan metode keamanan lain yang memungkinkan Anda mengkonfirmasi akses ke akun Anda. Salah satuya dengan kode yang dikirim ke ponsel Anda.

4. Gunakan password rumit
Buat password dengan perpaduan huruf, angka, juga tanda baca sehingga menghasilkan kombinasi yang rumit. Jangan menggunakan password yang sama untuk bermacam akun.

5. Hati-hati menggunakan WiFi Hotspot
Internetan di tempat umum secara gratis memang menyenangkan. Namun perlu diingat bahwa Anda tidak perlu share personal data saat online menggunakan WiFi umum. (Business Insider/suara)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.