1.240 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB Unija Madura

Avatar of PortalMadura.com
1.240 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB Unija Madura
Pemakaian almamater Unija oleh Rektor Unija Dr. Sjaifurrachman menandai pembukaan PKKMB tahun 2022 (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Sebanyak 1.240 mahasiswa baru mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Wiraraja (Unija) Madura, Jawa Timur.

Pembukaan PKKMB bertajuk “Membangun Generasi Unggul Berkarakter Nasional dan Berdaya Saing Global” dilakukan langsung oleh Rektor Unija Dr. Sjaifurrachman, Senin (12/9/2022).

Bertempat di halaman depan kampus Unija, Jl Raya Pamekasan-Sumenep KM. 05 Patean, Kecamatan Batuan, Sumenep, Madura. Menandai pembukaan PKKMB, dari pemakaian almamater, pemukulan gong hingga pelepasan balon udara.

1.240 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB Unija Madura
Pelepasan balon udara oleh Rektor Unija Dr. Sjaifurrachman (@portalmadura.com)

Rektor Unija Dr. Sjaifurrachman menyampaikan selamat datang kepada wiraraja muda di kampus cemara dan selamat berproses bersama keluarga besar Unija.

Bagi yang telah diterima di Unija, kata dia, patut berbangga karena Unija telah mengantongi sejumlah prestasi.

Di antaranya, berdasarkan klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Unija berada pada ranking 156 dari 2.136 perguruan tinggi swasta dan negeri seluruh Indonesia.

“Unija juga merupakan perguruan tinggi terbaik di Madura. Sedangkan pada pemeringkatan bidang kemahasiswaan perguruan tinggi non-vokasi nasional, Unija berada pada peringkat 80 tingkat nasional,” katanya.

Pencapaian itu terwujud, kata dia, karena adanya sistem dan sinergi seluruh civitas akademika yang baik, sehingga menghasilkan karya yang baik pula.

Dari capaian itu, pihaknya mengharapkan dapat menjadi faktor penting bagi setiap mahasiswa untuk mengikuti proses pembelajaran akademik maupun non akademik.

Ia menegaskan, kampus cemara merupakan simbol atau identitas kampus Unija sebagai pencetak cendekiawan Madura yang memiliki jiwa entrepreneur tingkat global dengan tetap berkarakter kebangsaan.

Menurutnya, PKKBM merupakan kegiatan informasi akademik maupun kemahasiswaan yang dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru untuk mengenal kehidupan akademik perguruan tinggi.

1.240 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB Unija Madura
Secara simbolis penyerahan dana sehat kepada mahasiswa oleh Rektor Unija Dr. Sjaifurrachman (@portalmadura.com)

“Maka kami sangat mengharapkan setelah mengikuti PKKMB, mahasiswa baru mampu mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta memiliki pemahaman dan prestasi sesuai dengan program studi masing-masing,” ujarnya.

Sjaifurrachman juga menyampaikan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka”, bahwa Unija memberikan hak kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman terbaik, tidak hanya di kampus tetapi juga di kampus yang berbeda, bahkan di lembaga luar kampus. “Kesempatan ini untuk memperkaya kompetensi mahasiswa,” terangnya.

Maka cita-cita untuk mewujudkan mahasiswa yang tangguh, adaptif dan selaras dengan kebutuhan zaman serta menjadi lulusan yang berkualitas dan profesional serta siap menjadi pemimpin masa depan bangsa akan secara konsisten dapat terwujud.

Menurutnya, setiap tahun Unija terus meningkatkan kualitas dan kuantitas yang dapat dimanfaatkan bersama oleh seluruh civitas akademika dan masyarakat umum. Salah satunya, merujuk pada keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (PT), Unija telah terakreditasi dengan baik sekali.

“Pada tahun 2022, Unija telah memiliki 19 program studi dan akan terus ditingkatkan pilihan belajar yang lebih banyak bagi masyarakat. Dan sebagian besar akreditasi baik sekali. Untuk sarjana hukum terakreditasi A,” urainya.

Ia mengajak untuk bersama-sama berkontribusi membangun Unija dengan menjadi mahasiswa yang percaya diri, tangguh serta berani dalam mewujudkan cita-cita sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing.

“Jadilah bagian dari generasi yang berkualitas dengan berkarakter kebangsaan dan tunjukkan prestasimu pada dunia serta banggalah menjadi mahasiswa Unija,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.