Cek 10 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend di Tahun 2023

Avatar of PortalMadura.com
Cek 10 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend di Tahun 2023
Cek 10 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend di Tahun 2023

PortalMadura.com-Memiliki usaha rumahan kini menjadi pilihan bagi banyak orang untuk memperoleh penghasilan tambahan tanpa harus bekerja di kantor.

Adapun terdapat sejumlah ide usaha rumahan yang sedang ngetrend di tahun 2023. Namun, untuk mencapai kesuksesan dalam memulai usaha, Anda harus menemukan ide bisnis yang tepat dan memikirkan strategi pemasaran yang efektif.

10 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend di Tahun 2023

Berikut ini adalah 10 ide usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2023, yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Bisnis Thrifting :Peluang Bisnis Pakaian Bekas yang Sedang Naik Daun di Kalangan Anak Muda

Bisnis thrift atau pakaian bekas sedang menjadi tren di kalangan anak muda. Banyak orang yang mulai tertarik dengan membeli pakaian bekas karena harga yang lebih terjangkau dibandingkan membeli pakaian baru.

Selain itu, semakin meningkatnya kesadaran akan dampak lingkungan dari industri fashion yang berlebihan juga membuat bisnis ini semakin diminati.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis thrift, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memulainya. Pertama, Anda dapat mencari supplier yang menyediakan paket bundling atau ball untuk usaha.

Biasanya paket ini memuat puluhan bahkan ratusan pakaian dalam satu paket. Jadi, Anda dapat memilih paket sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Setelah mendapatkan paket bundling, langkah selanjutnya adalah memilah pakaian yang masih layak pakai dan yang tidak.

Pastikan untuk mencuci pakaian dengan baik dan bersih sebelum menjualnya agar pembeli lebih percaya diri dan nyaman saat mengenakan pakaian tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tampilan foto produk agar lebih menarik bagi calon pembeli. Foto yang jelas dan menampilkan detail pakaian akan memberikan gambaran yang baik kepada calon pembeli.

 

Gunakan juga caption yang menarik dan deskripsi yang jelas tentang kondisi dan ukuran pakaian.

Tidak hanya menjual secara online, Anda juga dapat membuka toko fisik untuk bisnis thrift. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh calon pembeli.

Selain itu, pastikan juga tampilan toko Anda menarik dan rapi sehingga calon pembeli tertarik untuk masuk dan melihat-lihat koleksi pakaian bekas yang Anda jual.

Bisnis thrift dapat menjadi salah satu alternatif bisnis rumahan dengan modal yang kecil namun potensi keuntungan yang besar. Namun, pastikan untuk selalu menjual produk yang berkualitas dan memperhatikan kepuasan pelanggan untuk mempertahankan bisnis Anda.

2. Bisnis Penyewaan Peralatan Bayi

Banyak orang tua yang memilih untuk menyewa perlengkapan bayi seperti alat pumping, stroller, box tempat tidur bayi, dan lain-lain. Hal ini disebabkan karena peralatan bayi seringkali hanya digunakan dalam beberapa bulan saja dan harganya cukup mahal. Oleh karena itu, bisnis penyewaan peralatan bayi menjadi salah satu ide bisnis yang menjanjikan di tahun 2023.

Bisnis penyewaan peralatan bayi memiliki potensi pasar yang luas karena setiap tahunnya banyak pasangan yang memiliki bayi baru lahir. Selain itu, selama pandemi COVID-19, banyak orang yang lebih memilih untuk tidak membeli peralatan bayi secara langsung dan beralih ke opsi penyewaan.

Untuk memulai bisnis ini, Anda dapat memulainya dengan membeli beberapa jenis perlengkapan bayi yang paling umum disewakan seperti alat pumping, stroller, dan box tempat tidur bayi. Pastikan bahwa produk yang Anda sewakan berkualitas dan terawat dengan baik agar pelanggan merasa nyaman dan aman saat menggunakannya.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kondisi dan kebersihan produk sebelum dan sesudah disewakan. Pastikan untuk membersihkan dan mensterilkan produk secara rutin agar pelanggan selalu mendapatkan perlengkapan bayi yang bersih dan sehat.

Lokasi penyewaan juga perlu diperhatikan, pastikan lokasi yang mudah dijangkau oleh calon pelanggan. Selain itu, pastikan juga untuk mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial atau website yang khusus menyediakan layanan sewa perlengkapan bayi.

Tentukan pula harga sewa yang kompetitif dan sesuai dengan kondisi barang. Pastikan juga untuk memberikan pelayanan yang baik dan responsif terhadap setiap keluhan dan permintaan dari pelanggan.

Bisnis penyewaan peralatan bayi dapat menjadi salah satu alternatif bisnis dengan prospek keuntungan yang menjanjikan di tahun 2023. Pastikan untuk selalu berkualitas dalam produk dan pelayanan agar bisnis Anda tetap dapat bertahan dan berkembang di masa depan.

3. Bisnis Kosmetik dan Perawatan Wajah

Bisnis Kosmetik dan Perawatan Wajah

Industri kecantikan terus berkembang pesat setiap tahunnya. Banyak orang yang semakin sadar akan pentingnya perawatan diri dan penampilan. Hal ini membuat bisnis kosmetik dan perawatan wajah semakin diminati oleh banyak orang, terutama merek lokal dengan harga yang lebih ekonomis. Peluang bisnis di industri kecantikan ini semakin menggiurkan dan menjanjikan pada tahun 2023.

Untuk memulai bisnis kosmetik dan perawatan wajah, pertama-tama Anda harus memilih jenis produk yang ingin ditawarkan. Misalnya, produk skincare, make-up, hair care, atau produk kecantikan lainnya. Pastikan untuk memilih produk-produk yang berkualitas dan aman bagi pengguna.

Jika Anda ingin menjual produk lokal, pastikan bahwa merek tersebut sudah memiliki reputasi yang baik, produknya aman digunakan, serta memiliki pelanggan yang loyal. Dalam menjual produk kosmetik dan perawatan wajah, Anda juga harus memperhatikan tampilan kemasan yang menarik dan informasi produk yang jelas dan akurat.

Anda dapat memulai bisnis ini secara online, melalui media sosial atau website toko online. Pastikan untuk menggunakan media sosial yang tepat dan sesuai dengan target pasar Anda. Misalnya, jika target pasar Anda adalah remaja, maka Instagram bisa menjadi pilihan yang tepat karena lebih populer di kalangan remaja.

Selain itu, Anda juga dapat membuka toko fisik untuk bisnis kosmetik dan perawatan wajah. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh calon pelanggan. Pastikan juga tampilan toko Anda menarik dan rapi sehingga calon pelanggan tertarik untuk membeli produk-produk yang Anda jual.

Dalam memulai bisnis kosmetik dan perawatan wajah, Anda harus memperhatikan tren terbaru dan memastikan bahwa produk yang Anda tawarkan berkualitas dan aman digunakan. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan pelayanan yang baik dan responsif terhadap setiap keluhan dan permintaan dari pelanggan.

Bisnis kosmetik dan perawatan wajah merupakan salah satu bisnis dengan potensi pasar yang besar di tahun 2023. Dengan persaingan yang semakin ketat, pastikan untuk selalu memperbarui koleksi produk dan memberikan inovasi serta pelayanan yang terbaik agar bisnis Anda tetap diminati oleh konsumen.

4. Bisnis Reseller

Bisnis reseller merupakan salah satu jenis bisnis yang dapat dilakukan dengan membeli produk dari supplier atau produsen lain dan menjualnya kembali kepada konsumen. Bisnis ini lebih menguntungkan bagi Anda yang baru mencoba memulai bisnis karena resiko kerugian bisa diminimalisir serta modal yang tidak terlalu besar.

Untuk memulai bisnis reseller, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari supplier atau produsen yang menjual produk-produk yang Anda ingin jual. Pastikan untuk memilih produk-produk yang memiliki permintaan tinggi di pasaran agar bisnis Anda dapat berjalan lancar.

Setelah mendapatkan supplier atau produsen, selanjutnya Anda dapat memesan produk dalam jumlah tertentu dengan harga yang lebih murah daripada harga jual ke konsumen. Pastikan juga untuk mengecek kualitas produk sebelum membelinya agar konsumen tidak merasa kecewa saat menerima produk yang dipesan.

Anda dapat memasarkan produk melalui berbagai platform seperti media sosial, marketplace, atau toko online milik Anda sendiri. Pastikan untuk melakukan promosi secara aktif agar produk yang Anda jual dapat dikenal oleh calon pembeli.

Selain itu, pastikan bahwa pelayanan yang Anda berikan baik dan responsif terhadap setiap keluhan atau permintaan dari pelanggan. Hal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membangun reputasi bisnis Anda.

Bisnis reseller dapat menjadi alternatif bisnis dengan modal kecil namun potensi keuntungan yang besar di tahun 2023. Namun, Anda harus selalu memperhatikan kualitas produk dan memberikan pelayanan yang baik agar bisnis Anda tetap diminati oleh konsumen.

5. Bisnis Sembako

Bisnis sembako selalu dibutuhkan sepanjang waktu. Selain menjual di warung atau toko fisik, kini semakin banyak orang yang menjual sembako secara online. Bisnis sembako online memiliki peluang bisnis yang menjanjikan sepanjang waktu karena kebutuhan bahan pokok seperti gula pasir, minyak goreng, tepung, dan lain-lain terus diperlukan oleh masyarakat.

Untuk memulai bisnis sembako online, Anda perlu menentukan jenis produk yang akan Anda jual dan mencari supplier yang dapat memberikan harga yang bersaing. Pastikan bahwa produk yang Anda jual berkualitas dan sesuai dengan standar kesehatan sehingga konsumen merasa aman dan nyaman saat mengonsumsinya.

Selanjutnya, buatlah akun toko online untuk bisnis sembako Anda. Pilih platform toko online yang paling sesuai dengan target pasar Anda, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau platform toko online lainnya.

Jangan lupa untuk membuat deskripsi produk yang jelas dan akurat, serta tampilan foto produk yang menarik agar calon pembeli tertarik untuk membeli produk yang Anda jual. Selain itu, pastikan juga bahwa setiap pesanan dari pelanggan diproses dengan cepat dan tepat sehingga pelanggan merasa puas dengan layanan yang Anda berikan.

Anda juga dapat menawarkan beberapa promo atau diskon untuk menarik minat pembeli. Misalnya, free ongkir, potongan harga, atau hadiah undian bagi pembeli tertentu.

Bisnis sembako online memiliki potensi pengembangan yang besar di tahun 2023 karena konsumen semakin nyaman dan terbiasa membeli produk secara online. Selain itu, bisnis sembako online juga dapat dijalankan dengan modal yang relatif kecil namun dengan potensi keuntungan yang besar.

Namun, pastikan bahwa kualitas produk dan pelayanan yang Anda berikan selalu baik agar konsumen merasa puas dan akan menjadi pelanggan setia Anda di masa depan. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan menjaga kualitas produk, bisnis sembako online Anda akan terus berkembang dan sukses di masa depan.

6. Layanan Subscription dan Voucher Game

Digitalisasi yang masif di berbagai sektor menjadikan dunia online semakin digemari oleh semua kalangan. Hal ini membuat ide bisnis rumahan modal kecil seperti bisnis voucher pulsa dan game menjadi sangat prospektif di tahun 2023. Anda bahkan tidak perlu membangun etalase offline untuk mulai berjualan voucher pulsa dan game, karena semuanya dapat dilakukan secara online.

Untuk memulai bisnis voucher pulsa dan game online, Anda perlu mendaftar sebagai agen atau reseller dari provider yang menyediakan layanan tersebut. Setelah terdaftar, Anda akan diberikan akses untuk menjual voucher pulsa dan game secara online.

Selanjutnya, Anda perlu menentukan platform online mana yang akan digunakan untuk menjual produk Anda. Platform yang paling umum digunakan adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Namun, Anda juga dapat menggunakan marketplace atau toko online sendiri untuk menjual produk Anda.

Pastikan untuk menawarkan produk dengan harga yang bersaing dan memberikan promo-promo menarik untuk menarik minat pelanggan. Selain itu, pastikan juga bahwa setiap pesanan dari pelanggan diproses dengan cepat dan tepat sehingga pelanggan merasa puas dengan layanan yang Anda berikan.

Bisnis voucher pulsa dan game online memiliki potensi pengembangan yang besar di tahun 2023 karena semakin banyak orang yang melakukan transaksi secara online. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil namun dengan potensi keuntungan yang cukup besar.

Namun, pastikan bahwa kualitas layanan dan produk yang Anda berikan selalu baik agar konsumen merasa puas dan akan menjadi pelanggan setia Anda di masa depan. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan menjaga kualitas produk, bisnis voucher pulsa dan game online Anda dapat terus berkembang dan sukses di masa depan.

7. Jasa Katering Online

ide usaha rumahan Jasa Katering Online

Membuka jasa katering online bisa menjadi solusi bisnis bagi Anda yang memiliki hobi memasak dan mampu menyajikan berbagai menu makanan. Namun, untuk sukses berbisnis jasa katering, Anda harus melewati banyak tantangan seperti membuat merek yang unik dan mendapatkan penyalur bahan baku makanan tepercaya.

Langkah pertama dalam membuka jasa katering online adalah menentukan jenis masakan yang akan ditawarkan dan membuat menu yang variatif. Pastikan juga bahwa menu yang Anda tawarkan sesuai dengan selera pasar yang dituju.

Setelah memiliki menu yang lengkap, langkah berikutnya adalah membangun brand jasa katering Anda. Buatlah nama dan logo yang menarik serta mudah diingat oleh calon pelanggan. Selain itu, pastikan juga bahwa brand Anda memiliki nilai unik dan keunggulan yang membedakan dari jasa katering online lainnya.

Salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis katering online adalah menyediakan bahan baku yang berkualitas dan aman dikonsumsi. Oleh karena itu, carilah penyalur bahan baku yang terpercaya dan pastikan bahwa setiap bahan baku yang digunakan dalam pembuatan makanan telah melalui proses pengolahan yang baik.

Untuk mempromosikan bisnis Anda, gunakanlah media sosial yang tepat dan sesuai dengan target pasar Anda. Instagram atau Facebook bisa menjadi pilihan yang tepat karena lebih populer di kalangan yang menginginkan pemesanan makanan online. Pastikan juga untuk menyajikan foto makanan yang menarik dan menjual di akun media sosial Anda.

Selain itu, pastikan bahwa setiap pesanan dari pelanggan diproses dengan cepat dan tepat sehingga pelanggan merasa puas dengan layanan yang Anda berikan. Berikan pelayanan yang baik dan responsif terhadap setiap keluhan atau permintaan dari pelanggan agar mereka merasa nyaman dan akan menjadi pelanggan setia di masa depan.

Bisnis jasa katering online memiliki potensi pengembangan yang besar di tahun 2023 karena semakin banyak orang yang memilih memesan makanan secara online. Namun, pastikan bahwa kualitas layanan, bahan baku, dan produk yang Anda berikan selalu baik agar konsumen merasa puas dan akan menjadi pelanggan setia Anda di masa depan. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan menjaga kualitas produk, bisnis jasa katering online Anda dapat terus berkembang dan sukses di masa depan.

8. Bisnis Kerajinan Tangan

Bisnis kerajinan tangan atau do it yourself (DIY) semakin naik daun di Indonesia karena diburu oleh banyak konsumen yang ingin memiliki barang-barang unik dan eksklusif. Modal untuk membuat produk DIY relatif kecil jika Anda memilih bahan-bahan yang tepat. Contohnya, botol bekas dapat diubah menjadi pot bunga, lampu duduk, dan tempat alat tulis.

Untuk memulai bisnis kerajinan tangan DIY, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis produk yang akan dibuat dan mencari inspirasi desain. Setelah itu, carilah bahan-bahan murah dan mudah didapatkan seperti botol bekas, kertas, kain, kayu, atau bahan-bahan lain yang sesuai dengan produk yang akan dibuat.

Selanjutnya, buatlah prototipe dari produk yang akan Anda jual dan pastikan bahwa produk tersebut memiliki nilai estetika yang tinggi dan berkualitas. Setelah itu, buatlah foto produk yang menarik agar calon pembeli tertarik untuk membeli produk Anda.

Anda bisa memasarkan produk DIY melalui media sosial atau marketplace. Pastikan untuk memberikan deskripsi produk yang jelas dan akurat, serta harga yang bersaing. Selain itu, pastikan juga bahwa produk yang dikirimkan kepada pelanggan selalu dalam kondisi baik dan sesuai dengan foto yang ditampilkan.

Bisnis kerajinan tangan DIY memiliki potensi pengembangan yang besar di tahun 2023 karena semakin banyak orang yang ingin memiliki barang-barang unik dan eksklusif. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil namun dengan potensi keuntungan yang besa. Hal ini disebabkan karena produk DIY memiliki nilai tambah yang tinggi dan dapat dipasarkan dengan harga yang lebih mahal dibandingkan produk massal yang serupa.

Namun, pastikan bahwa kualitas produk yang Anda berikan selalu baik agar konsumen merasa puas dan akan menjadi pelanggan setia Anda di masa depan. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan menjaga kualitas produk, bisnis kerajinan tangan DIY Anda dapat terus berkembang dan sukses di masa depan.

9. Menjual Berbagai Jenis Camilan

Camilan merupakan salah satu suguhan favorit orang ketika bekerja, belajar di rumah, maupun mengadakan pertemuan. Hal ini tentu menjadi peluang bisnis bagi Anda yang memiliki keahlian dalam membuat berbagai jenis camilan kreatif dan lezat. Anda dapat menjualnya dengan merek sendiri di media sosial ataupun marketplace.

Untuk memulai bisnis camilan, langkah pertama adalah menentukan jenis camilan yang ingin Anda jual dan membuat beberapa varian rasa agar bisa menjangkau konsumen dengan selera yang berbeda-beda. Pastikan bahwa camilan yang Anda jual memenuhi standar kesehatan dan memiliki masa simpan yang cukup sehingga aman untuk dikonsumsi.

Selanjutnya, buatlah merek atau branding yang unik untuk produk camilan Anda. Nama merek yang menarik dan logo yang mudah diingat akan membantu memperkuat identitas merek Anda. Selain itu, pastikan juga bahwa produk camilan yang Anda jual memiliki kemasan yang menarik dan praktis sehingga mudah untuk dibawa dan disimpan.

Untuk memasarkan produk camilan Anda, gunakan platform online seperti media sosial atau marketplace. Pilih platform yang sesuai dengan target pasar Anda dan pastikan deskripsi produk yang detail dan akurat serta foto produk yang menarik dan berkualitas.

Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa menawarkan promo-promo menarik seperti diskon pembelian dalam jumlah tertentu atau free ongkir. Selain itu, pastikan bahwa setiap pesanan dari pelanggan diproses dengan cepat dan tepat sehingga pelanggan merasa puas dengan layanan yang Anda berikan.

Bisnis camilan memiliki potensi pengembangan yang besar di tahun 2023 karena semakin banyak orang yang mencari camilan yang sehat namun menyenangkan. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil namun dengan potensi keuntungan yang besar.

Namun, pastikan bahwa kualitas produk dan pelayanan yang Anda berikan selalu baik agar konsumen merasa puas dan akan menjadi pelanggan setia Anda di masa depan. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan menjaga kualitas produk, bisnis camilan Anda dapat terus berkembang dan sukses di masa depan.

10. Membuka Rental

Anda dapat membuka rental untuk koleksi benda yang jarang terpakai namun masih bernilai. Tak harus rental motor, mobil, atau produk lain yang butuh modal besar, Anda bisa membuka penyewaan kecil-kecilan seperti buku kuliah, komik, dan sebagainya. Peluang bisnis rental ini patut Anda pertimbangkan di tahun 2023.

Salah satu hal penting dalam memulai bisnis rental adalah menentukan jenis barang yang akan disewakan. Pilihlah barang-barang yang memiliki permintaan tinggi di pasar, namun tidak banyak tersedia di pasaran. Beberapa contoh barang yang bisa disewakan antara lain buku kuliah, alat musik, kamera, dan sebagainya.

Setelah menentukan jenis barang yang akan disewakan, buatlah daftar harga sewa yang bersaing di pasaran. Pastikan bahwa harga sewa yang ditawarkan tidak terlalu tinggi namun masih menguntungkan bagi bisnis Anda.

Selanjutnya, buatlah sistem pemesanan dan pengiriman yang mudah dan praktis bagi pelanggan. Anda bisa menggunakan platform online seperti website atau marketplace untuk memudahkan pelanggan memesan barang yang ingin disewa.

Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa menawarkan promo-promo menarik seperti diskon untuk pemesanan dalam jumlah tertentu atau free ongkir. Selain itu, pastikan bahwa setiap pesanan dari pelanggan diproses dengan cepat dan tepat sehingga pelanggan merasa puas dengan layanan yang Anda berikan.

Bisnis rental memiliki potensi pengembangan yang besar di tahun 2023 karena semakin banyak orang yang mencari alternatif untuk membeli barang-barang mahal yang hanya digunakan dalam waktu singkat. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil namun dengan potensi keuntungan yang cukup besar.

Namun, pastikan bahwa kualitas barang dan pelayanan yang Anda berikan selalu baik agar konsumen merasa puas dan akan menjadi pelanggan setia Anda di masa depan. Dengan memberikan pelayanan yang baik dan menjaga kualitas barang, bisnis rental Anda dapat terus berkembang dan sukses di masa depan.

Dalam memulai bisnis rumahan, Anda harus selalu mengikuti tren terbaru dan membuat strategi pemasaran yang tepat agar bisnis Anda menjadi sukses. Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan kebutuhan dan minat pasar, serta melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memulai bisnis. Semoga ide usaha rumahan di atas dapat memberikan inspirasi bagi Anda dalam memulai bisnis di tahun 2023.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.