101 Napi di Bangkalan Dapat Remisi, 4 Langsung Bebas

Avatar of PortalMadura.Com
Wabup Bangkalan Mondir Rofi'i
Wabup Bangkalan Mondir Rofi'i

PortalMadura.Com, Bangkalan – Sebanyak 101 nara pidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Bangkalan, Madura, Jawa Timur mendapat remisi dari Departemen Hukum dan HAM RI, Minggu (17/8/2014).  Empat diantaranya langsung bebas.

Prosesi pemberian remisi pada hari kerdekaan RI ini, dihadiri oleh seluruh jajaran Muspida dan Lembaga Pemasyarakatan setempat. Wakil Bupati, Mondir Rofi’i secara simbolis menyerahkan SK Remisi kepada 4 perwakilan napi.

“Saya mengharapkan agar setelah menghirup udara bebas, para napi ini dapat menjadi warga negara yang lebih baik lagi dan ikut membangun bangsa,” kata Mondir didepan para napi yang ikut menghadiri prosesi pemberian remisi di gedung Aula Lembaga Pemasyarakatan Bangkalan.

Pemberian remisi kepada 101 orang ini bervariasi. “Ada yang dapat remisi 6 bulan, 4 bulan, 3 bulan, 2 bulan dan 1 bulan,” jelas Hary Winarca, Ka. LP Bangkalan.

“Dua puluh orang mendapatkan remisi 6 bulan. Dua orang mendapat pengurangan masa tahanan 4 bulan. Dua puluh sembilan orang mendapatkan remisi 3 bulan. Sedangkan yang mendapatkan remisi 2 bulan sebanyak 31 orang. Tiga puluh lima napi lainnya, mendapatkan remisi 1 bulan, ” urai Hary.

Total 101 orang yang hari ini mendapatkan remisi merupakan usulan awal 127 orang yang diajukan ke Menkum HAM.  “Dari total 213 napi yang ada, sebanyak 127 orang napi yang kami usulkan ke Depkum HAM untuk mendapatkan remisi. Namun hanya 101 orang yang dikabulkan,” jelas Hary.

Tahanan narkoba yang tidak terkait dengan PP 99 tahun 2012 tentang pemberian remisi kepada bandar narkoba, juga mendapatkan potongan masa tahanan. “Namun untuk tahanan jenis ini tidak ada di Bangkalan,” terang Fajar, Kasubsi Pelayanan Tahanan yang ikut mendampingi Ka. LP. (dit/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.