IPTEK  

14 November 2016, Saksikan Supermoon Terbesar dalam 70 Tahun Terakhir

Avatar of PortalMadura.Com
14 November 2016, Saksikan Supermoon Terbesar dalam 70 Tahun Terakhir
ilustrasi

PortalMadura.Com – Penghujung tahun 2016 akan dihiasi oleh fenomena alam. Hal itu, karena bulan purnama yang terjadi pada Oktober, November, dan Desember akan berada di jarak terdekatnya dengan bumi atau biasa disebut dengan .

Istilah supermoon digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekat dengan bumi. Biasanya, supermoon akan lebih besar 8-16% dan lebih terang 16-30% sehingga bulan akan menjadi bola batu raksasa di langit pada saat itu.

Ketika fenomena itu terjadi, bulan akan nampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer. Bahkan, bulan akan terlihat sangat besar dan terang dalam kurun 70 tahun pada supermoon 14 November 2016.

Oleh karena itu, pastikan Anda tidak melewatkan fenomena langka itu. Karena, bulan tidak akan berada di jarak sedekat itu hingga 25 November 2034.

Menurut seorang astronom di Slooh Community Observatory, Bob Breman, mengatakan, bahwa bulan purnama itu tidak hanya menjadi supermoon yang terdekat dan tercerah selama 2016, tapi juga terbesar sejak 1948.

Untuk menyaksikan fenomena langka itu, Anda tidak perlu menggunakan teleskop karena supermoon bisa disaksikan dengan mata telanjang. Hindari polusi cahaya untuk mendapatkan pemandangan terbaik, karena kecerahan bulan dapat terhalang oleh lampu kota atau awan. (tribunnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.