15 Desa Jadi Penghasil Garam di Pamekasan

Avatar of PortalMadura.Com
15 Desa Jadi Penghasil Garam di Pamekasan
dok. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan Nurul Widiastutik

PortalMadura.Com, – Tercatat sebanyak 15 desa di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menjadi penghasil garam. 15 desa tersebut tersebar di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Tlanakan, Galis dan Kecamatan pademawu.

, Nurul Widiastuti menjelaskan, untuk Kecamatan Galis ada empat desa yang menjadi penghasil garam Madura, yaitu Desa Pandan, Konang, Polagan dan Kecamatan Lembung. Dari empat desa itu, luasan lahan mencapai 458,6 hektar.

“Untuk Kecamatan Pademawu ada delapan desa, yang meliputi Desa Baddurih, Pagagan, Majungan, Padelegan, Tanjung, Pademawu Timur, Bunder dan Desa Dasuk dengan luas lahan 445,4 hektar, ” terangnya, Kamis (2/8/2018).

Dijelaskan, dari tiga kecamatan penghasil garam, Kecamatan Tlanakan yang paling sedikit. Sebab, di desa yang berdempetan dengan Kecamatan Camplong Sampang itu hanya ada tiga desa, yaitu Desa Tlanakan, Branta Tinggi dan Desa Tlesah dengan luasan lahan 9,6 hektar.

“Dari jumlah tersebut, luasan tambak garam di Pamekasan mencapai 913,5 hektare. Jumlah kelompok tani yang memproduksi garam kali ini sebanyak 164 kelompok dengan perincian di Kecamatan Galis sebanyak 69 kelompok, Pademawu 72 kelompok dan di Kecamatan Tlanakan sebanyak tiga kelompok,” pungkasnya. (Marzukiy/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.