oleh

2 Cara Cepat agar Buah Alpukat Matang Merata

PortalMadura.Com – Seringkali alpukat yang dijual di pasar atau supermarket itu masih belum matang, sehingga kita nggak bisa langsung menikmatinya. Tapi, terkadang kesel juga ya, kalau alpukat yang udah kita peram berhari-hari tidak kunjung matang juga. Tiap dicek, ternyata masih keras. Kalaupun ada yang sudah matang, cuma sebagian aja.

Ada beberapa tips nih untuk memilih buah alpukat yang bagus. Pilih buah alpukat yang warnanya gelap merata, tidak belang-belang. Kemudian, lihat juga bagian ujung buah alpukat (bekas tangkainya). Kalau masih ada sisa sedikit tangkai, bisa kupas sedikit untuk melihat warnanya.

Kalau warnanya coklat tua atau gelap artinya buah sudah tua. Kalau warnanya masih hijau muda berarti buah masih muda dan mentah. Kocok-kocok buah alpukat. Bila terdengar suara bijinya, berarti sudah tua. Buah alpukat yang sudah tua, bijinya akan lepas dari kulit bagian dalamnya.

Nah, sekarang untuk membuat buah alpukat cepat matang ada dua cara yang bisa dicoba.

Bungkus dengan kertas koran
Siapkan kertas koran secukupnya, Lalu bungkus buah alpukat dengan kertas koran sampai benar-benar rapat. Setelah itu, simpan di wadah dan taruh di atas meja. Jangan menyentuh lantai langsung. Simpan di tempat dengan suhu kamar (bukan di lemari pendingin).

Untuk mengecek apakah sudah matang atau belum, tinggal tekan saja daging buahnya. Kalau sudah empuk, berarti alpukat sudah matang merata.

Pakai tisu dan lakban
Cuci bersih buah alpukat, lap sampai benar-benar kering. Kemudian potong ujungnya. Setelah itu, tutup ujung buah alpukat dengan lembaran tisu. Lalu rekatkan dengan lakban. Taruh di wadah dan simpan di tempat bersuhu kamar. Biasanya dua hari, buah alpukat sudah matang merata. Nah, sekarang tinggal dicoba saja. Semoga infonya bermanfaat.(fimela.com/Nurul)