2 Dosa Inilah Yang Akan Tetap Mengalir Meski Raga Anda Sudah Dikubur

Avatar of PortalMadura.Com
2 Dosa Inilah Yang Akan Tetap Mengalir Meski Raga Anda Sudah Dikubur
ilustrasi (pulsk.com)

PortalMadura.Com – Ternyata bukan hanya pahala yang bisa tetap diterima ganjarannya ketika seseorang telah tiada. Namun, ada juga yang tetap mengalir meski sudah meninggal dunia.

Kita harus berhati-hati jangan sampai perbuatan di dunia ini memasukkan kita ke dalam ketegori orang yang tetap menerima dosa setelah meninggal. Karena balasannya mutlak neraka yang sudah disiapkan Allah SWT bagi hamba-Nya yang ingkar.

Berikut dua dosa yang tetap mengalir meski sudah meninggal:

Menjadi Pelopor Maksiat
Pelopor merupakan orang yang pertama melakukan suatu tindakan sehingga yang lain turut mengikuti. Pengikutnya bersedia meniru baik dengan paksaan maupun tanpa diminta sama sekali. Kondisi ini akan sangat bagus jika menjadi pelopor untuk tujuan yang baik. Namun bagaimana jika menjadi pelopor maksiat?.

Dalam hadis dari Jarir bin Abdillah RA, Rasulullah bersabda : “Siapa yang mempelopori satu kebiasaan yang buruk dalam islam, maka dia mendapatkan dosa keburukan itu, dan dosa setiap orang yang melakukan keburukan itu karena ulahnya, tanpa dikurangi sedikitpun dosa mereka,” (HR. Muslim).

Orang yang menjadi pelopor ini sama sekali tidak mengajak orang di lingkungannya untuk berbuat maksiat serupa. Ia juga tidak memberikan motivasi kepada orang lain untuk mengikutinya. Namun karena perbuatannya ini Ia berhasil menginsipirasi orang lain melakukan maksiat serupa.

Mengajak Orang Lain Melakukan Kesesatan dan Maksiat
Berbeda dengan pelopor yang hanya menginspirasi orang lain, orang yang satu ini dengan nyata mengajak orang lain untuk melakukan kesesatan dan tindakan maksiat. Merekalah merupakan juru dakwah kesesatan, atau mereka yang mempropagandakan kemaksiatan.

Dalam Alquran Allah SWT menceritakan bagaimana orang kafir kelak akan menerima dosa dari kekufurannya. Belum lagi dengan dosa-dosa orang-orang yang juga mereka sesatkan. “Mereka akan memikul dosa-dosanya dengan penuh pada hari kiamat, dan berikut dosa-dosa orang yang mereka sesatkan yang tidak mengetahui sedikitpun (bahwa mereka disesatkan),”(QS. an-Nahl: 25).

Termasuk mereka yang mengiklankan maksiat, memotivasi orang lain untuk berbuat dosa, sekalipun dia sendiri tidak melakukannya, namun dia tetap mendapatkan dosa dari setiap orang yang mengikutinya. (enterberita.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.