PortalMadura.com

2017, Penyerapan Rastra di Sumenep Baru Capai 55 Persen

  • Senin, 16 Oktober 2017 | 11:04
2017, Penyerapan Rastra di Sumenep Baru Capai 55 Persen
Ilustrasi

PortalMadura.Com, Sumenep – Penyerapan program bantuan beras untuk masyarakat sejahtera (Rastra) tahun 2017 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, hingga bulan Oktober baru mencapai 55 persen dari total jatah Rastra sebesar 23 juta 42 ribu ton dengan jumlah 128 ribu 16 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Penebusan Rastra tahun ini memang rendah. Sejak Januari hingga Oktober baru mencapai 55 persen,” kata Kepala Sub Bagian Sarana Bagian Perekonomian Pemkab, Sumenep, Sujono, Senin (16/10/2017).

Ia menyampaikan, pemerintah daerah telah sering menghimbau kepada tim Rastra di kecamatan dan desa agar segera melakukan penebusan. Sebab, program Rastra ini diperuntukkan menekan angka kemiskinan. Rastra ini sangat dibutuhkan oleh warga yang menjadi penerima manfaat.

“Kami tidak tahu juga apa yang menjadi kendala di bawah, cuma informasi yang kami terima belum ada uang untuk menebus. Pemda sudah sering menghimbau agar jatah rastra segera ditebus,” ucapnya.

Tingkat penyerapan rastra di kabupaten paling ujung timur Pulau Madura ini tergolong rendah ketiga di Madura setelah Bangkalan, Sampang, dan Pemekasan berada diurutan keempat.

“Kami mendorong dan melakukan pendekatan kepada Camat dan Kades yang tingkat penebusannya terhitung rendah,”ujarnya.

Ia menerangkan, kalau penebusan Rastra sampai melampaui deadline yang ditentukan, bantuan untuk pengentasan warga kurang mampu itu dapat dinyatakan hangus.

“Semoga tidak sampai ada Rastra yang hagus karena tidak ditebus. Karena bantuan Rastra ini sangat dibutuhkan masyarakat utamanya warga kurang mampu,” tukasnya. (Arifin/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional