PortalMadura.com

2021 Ditarget Rampung, PLTGU Madura Akan Dibangun di Sumenep

  • Sabtu, 15 April 2017 | 18:52
2021 Ditarget Rampung, PLTGU Madura Akan Dibangun di Sumenep
dok. Bupati Sumenep, A Busyro Karim

PortalMadura.Com, Sumenep – Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU), akan dibangun di Pulau Madura, Jawa Timur.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya mineral Republik Indonesia, memilih Kabupaten Sumenep sebagai lokasi pembangunan PLTGU tersebut.

“Dua hari saya di Jakarta, hari pertama di Kantor ESDM, dijelaskan bahwa akan ada pembangunan PLTGU Madura yang akan diletakkan di Sumenep. Ditarget selesai bersamaan dengan jabatan saya berakhir, yakni 2021,” terang Bupati Sumenep, A Busyro Karim, pada wartawan, di Sumenep, Sabtu (15/4/2017).

PLTGU adalah gabungan antara PLTG dengan PLTU, dimana panas dari gas buang dari PLTG digunakan untuk menghasilkan uap yang digunakan sebagai fluida kerja di PLTU.

Hari Jadi Sumenep

Dan bagian yang digunakan untuk menghasilkan uap tersebut adalah HRSG (Heat Recovery Steam Generator). PLTGU merupakan suatu instalasi peralatan yang berfungsi untuk mengubah energi panas (hasil pembakaran bahan bakar dan udara) menjadi energi listrik yang bermanfaat.

Pembangunan PLTGU Madura tersebut, diperkirakan tidak hanya memenuhi kebutuhan listrik warga Madura, melainkan bisa mensuplai kebutuhan wilayah Jawa. “Kebutuhan gasnya saja mencapai 40 mm. Ini cukup besar,” terang Busyro.

Meski pihaknya tidak menyebutkan lokasi pembangunan PLTGU secara detail. Namun, bila Madura sudah mempunyai PLTGU, maka kemajuan Pulau Madura akan berjalan dengan sendirinya. “Industri tentu juga akan berjalan dengan baik,” tutupnya.(Hartono)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional