2021 Ditarget Rampung, PLTGU Madura Akan Dibangun di Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
2021 Ditarget Rampung, PLTGU Madura Akan Dibangun di Sumenep
dok. Bupati Sumenep, A Busyro Karim

PortalMadura.Com, – Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU), akan dibangun di Pulau Madura, Jawa Timur.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya mineral Republik Indonesia, memilih Kabupaten Sumenep sebagai lokasi pembangunan PLTGU tersebut.

“Dua hari saya di Jakarta, hari pertama di Kantor ESDM, dijelaskan bahwa akan ada pembangunan yang akan diletakkan di Sumenep. Ditarget selesai bersamaan dengan jabatan saya berakhir, yakni 2021,” terang Bupati Sumenep, A Busyro Karim, pada wartawan, di Sumenep, Sabtu (15/4/2017).

PLTGU adalah gabungan antara PLTG dengan PLTU, dimana panas dari gas buang dari PLTG digunakan untuk menghasilkan uap yang digunakan sebagai fluida kerja di PLTU.

Dan bagian yang digunakan untuk menghasilkan uap tersebut adalah HRSG (Heat Recovery Steam Generator). PLTGU merupakan suatu instalasi peralatan yang berfungsi untuk mengubah energi panas (hasil pembakaran bahan bakar dan udara) menjadi energi listrik yang bermanfaat.

Pembangunan PLTGU Madura tersebut, diperkirakan tidak hanya memenuhi kebutuhan listrik warga Madura, melainkan bisa mensuplai kebutuhan wilayah Jawa. “Kebutuhan gasnya saja mencapai 40 mm. Ini cukup besar,” terang Busyro.

Meski pihaknya tidak menyebutkan lokasi pembangunan PLTGU secara detail. Namun, bila Madura sudah mempunyai PLTGU, maka kemajuan Pulau Madura akan berjalan dengan sendirinya. “Industri tentu juga akan berjalan dengan baik,” tutupnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.