oleh

3 Bahan Alami untuk Atasi Kulit Wajah yang Mengelupas, Bisa Dilakukan di Rumah

PortalMadura.Com – Deskuamasi atau pengelupasan pada kulit merupakan kerusakan yang terjadi pada lapisan atas kulit. Permasalahan ini pun dapat terjadi pada siapa saja, terlepas dari kelompok usia atau jenis kelamin.

Perlu diketahui, bahwa kulit seseorang terdiri dari tiga lapisan. Epidermis adalah lapisan luar, dermis adalah lapisan tengah, dan hipodermis adalah lapisan bawah.

Loading...

Pengelupasan kulit di wajah, sebenarnya proses yang normal terjadi sebagai respon tubuh untuk membuang lapisan-lapisan kulit mati. Namun kadang proses ini diikuti dengan timbulnya gejala gatal, kering, dan ruam.

Kendatipun pengelupasan pada kulit bukanlah masalah besar, hal itu dapat menyebabkan iritasi dan terkadang terasa menyakitkan. Karena itu, penting untuk merawat kulit yang mengelupas sebelum menjadi bertambah buruk.

Baca Juga: 5 Cara Aplikasikan Foundation Pada Kulit Wajah yang Mengelupas

Maka dari itu, pengobatan rumahan bisa menjadi cara yang bagus untuk merawat kulit yang mengelupas karena aman dan alami. Selain itu, pengobatan rumahan juga hemat biaya. Memang penting bagi Anda untuk merawat wajah secara rutin untuk tetap tampil dengan wajah yang bersih.

Berikut ini tiga bahan alami untuk mengatasi wajah yang mengelupas dan bisa dilakukan di rumah:

Gel Lidah Buaya
Perawatan yang paling populer untuk mengobati sejumlah masalah pada kulit termasuk kulit mengelupas, adalah dengan gel lidah buaya. Gel lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan pelembap yang membantu dalam merawat kulit yang mengelupas. Bahan yang diperlukan dan cara-cara perawatannya pun terbilang mudah, sehingga dapat dilakukan ketika bersantai di rumah.

Bahan yang diperlukan hanya 2 sdm gel lidah buaya. Caranya, ambil sedikit gel lidah buaya dari daun lidah buaya dan oleskan ke seluruh wajah Anda. Biarkan selama 30-45 menit, lalu cuci perlahan. Ulangi treatment ini dua kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

Madu
Madu bisa membantu merawat kulit yang kering, sehingga dapat bekerja secara efektif untuk merawat kulit yang mengelupas. Madu juga dapat melembapkan dan memelihara kulit Anda dengan penggunaan yang teratur.

Bahan yang diperlukan, yaitu 2 sdm madu dan 1 sdm air mawar. Caranya, campurkan madu dan air mawar dalam mangkuk. Campur dengan baik. Lalu, oleskan campuran ini ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama sekitar 20 menit.

Setelah itu, cucilah dengan air hangat dan tepuk-tepuk wajah Anda sampai kering. Ulangi cara ini dua kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa membantu meningkatkan tingkat hidrasi pada kulit Anda. Minyak kelapa juga bertindak sebagai pelembut alami, sehingga dapat merawat kulit yang terkelupas.

Bahan yang diperlukan hanya 2 sdm minyak kelapa. Caranya, yaitu celupkan bola kapas ke dalam minyak kelapa dan oleskan dengan lembut ke seluruh wajah Anda. Biarkan meresap ke dalam kulit Anda dan biarkan saja tidak perlu dibasuh dengan air. Ulangi treatment ini dua kali sehari untuk hasil yang diinginkan. Selamat Mencoba!

Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Komentar