oleh

3 Cara Buat Password yang Kuat dan Sulit Ditebak

PortalMadura.Com – Saat ini pengguna internet perlu menggunakan password (kata sandi) sebagai alat untuk bisa masuk ke sebuah akun. Pengguna yang bijak juga perlu menjaga kerahasiaan password agar tidak diketahui oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sebab, apabila orang lain mengetahuinya bukan tidak mungkin informasi pribadi Anda bisa diakses atau dicuri. Namun, tidak banyak pengguna internet yang tahu tentang bagaimana cara membuat password anti bobol.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Anda tidak perlu khawatir, berikut cara membuat password yang kuat dan tidak mudah ditebak:

Mulai dengan Kalimat
Meski password berarti kata kunci, ada baiknya tidak hanya mengunakan kata saja. Menurut CEO of Crone Consulting LLC, Richard Crone, saat membuat password baiknya dimulai dengan membuat kalimat terstruktur.

Pilih kalimat yang mudah diingat, tapi sebaiknya jangan memakai informasi seputar kehidupan Anda. Hindari menggunakan nama hewan peliharaan atau anggota keluarga.

Baca Juga : Bagaimana Cara Ketahui Password Media Sosial Anda Kuat? Cek di Sini

“Semakin panjang dan tak terhubung dengan dirimu, password akan semakin baik,” tuturnya.

Sebagai contoh, Anda dapat membuat kalimat ‘kucing susah mandi’ dan diubah menjadi sebuah password ‘kucingsusahmandi’.

Hindari Pemakaian Kata Asli
Setelah menemukan kombinasi kalimat yang ingin dipakai, segera lakukan sejumlah perubahan. Salah satunya adalah memotong huruf-huruf yang ada di dalamnya.

Sebisa mungkin jangan memakai kata yang benar-benar ada, sehingga membuat password-Anda tidak mudah ditebak. Dari contoh di atas, Anda dapat mengubahnya menjadi ‘kucsusman’.

Gabungkan Nomor, Simbol, dan Huruf Besar
Terakhir, ubah beberapa huruf di dalam kalimat tersebut menjadi karakter lain. Seperti diketahui, beberapa situs selalu menyarankan pengguna untuk memakai setidaknya satu huruf besar, satu huruf kecil, dan nomor.

Tidak lupa, Anda juga dapat memasukkan simbol seperti titik atau tanda seru. Perlu diingat, saat melakukan kombinasi ini, jangan ulangi huruf, nomor, dan simbol terlalu berdekatan.

Mengambil contoh sebelumnya, ‘kucsusman’, Anda dapat menambahkan sejumlah simbol, seperti ‘kuc2u2M4n’.

Baca Juga : 5 Alasan Pengguna Instagram Harus Sering Ganti Password

Bagaimana, caranya mudah bukan?. Selamat mencoba.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar