oleh

3 Cara Cegah WhatsApp Supaya Tak Makan Banyak Memori

PortalMadura.Com – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan paling populer saat ini. Semakin ke sini, WhatsApp telah mengembangkan berbagai fitur dengan tujuan untuk mempermudah penggunanya saat berkomunikasi dengan teman dan keluarga.

Sayangnya, pengguna biasanya menemukan masalah seperti ruang penyimpanan atau memori penuh akibat WA. Hal itu bukan karena pesan teks yang sudah Anda kirim, melainkan dikarenakan file media seperti video, foto hingga GIF.

Apalagi, ruang penyimpanan dalam smartphone merupakan sesuatu yang penting, terutama karena ponsel bukan hanya digunakan untuk memanggil atau mengangkat telepon. Tapi juga digunakan untuk mengirim dan menerima file gambar atau video. Jadi, ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah WhatsApp agar tidak memakan ruang penyimpanan ponsel Anda.

Baca Juga: Inilah 6 langkah Ampuh Hemat Memori iPhone

Anda penasaran?. Berikut ini tiga cara mencegah WhatsApp agar tidak makan banyak memori:

Cegah Semua Kiriman File Masuk Secara Otomatis
Buka WhatsApp di ponsel Android Anda, ketuk pada tiga titik di sudut kanan atas aplikasi dan pilih opsi Pengaturan. Di menu Pengaturan, pilih opsi Obrolan, lalu aktifkan opsi Visibilitas Media. Ini akan mencegah file media yang Anda terima di dalam aplikasi agar tidak tersimpan secara otomatis di galeri ponsel Anda.

Loading...

Namun, jika Anda tidak ingin mematikan fitur ini untuk semua grup dan obrolan Anda dan mencegah beberapa kelompok atau individu membanjiri galeri ponsel Anda, Anda juga dapat mematikannya secara selektif untuk obrolan tertentu.

Mematikan Obrolan Tertentu
Buka jendela obrolan individu atau grup yang ingin Anda modifikasi, ketuk pada kontak. Kemudian buka opsi Visibilitas Media, WhatsApp sekarang akan menanyakan apakah Anda ingin media yang baru dimuat dari obrolan khusus itu disimpan di galeri ponsel Anda.

Namun, jika Anda adalah pengguna iPhone, jangan khawatir karena WhatsApp telah mencantumkan serangkaian langkah untuk Anda gunakan yang dapat menghemat memori iPhone Anda.

WhatsApp iPhone
Buka WhatsApp, lalu ketuk pada opsi Pengaturan, dilanjutkan dengan ketuk opsi Penggunaan Data dan Penyimpanan. Setelah Anda melakukan ini, Anda akan melihat pengaturan terperinci yang digunakan untuk menentukan jenis file media yang ingin Anda unduh pada ponsel cerdas Anda.

Anda dapat memilih Foto, Audio, file Video dan dokumen. Anda dapat memilih file yang tidak akan diunduh di iPhone Anda atau membatasi pengunduhan hanya terjadi ketika iPhone Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi. Atau, Anda dapat mengizinkan file media WhatsApp untuk mengunduh secara otomatis dengan mengetuk opsi Wi-Fi dan Seluler. Selamat mencoba!


Rewriter : Salimah
Sumber : tempo.co

Komentar