3 Cara Cepat Kempiskan Muka Bengep Usai Tidur Semalaman

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Cepat Kempiskan Muka Bengep Usai Tidur Semalaman
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Apakah Anda pernah mengalami muka yang terlihat bengep setelah bangun tidur?. Jika iya, pasti rasanya memalukan. Sebab, biasanya wajah yang seperti itu sering jadi bulan-bulanan target nyinyiran orang yang bilang muka bantal.

Kondisi wajah bengkak atau bengap ini biasanya disebabkan oleh alergi, efek samping obat tertentu, hingga cedera kepala. Tapi jika tidak ada gejala-gejala terkait alergi atau masalah medis tertentu, muka bantal di pagi hari bisa saja karena dehidrasi.

Sebaliknya, muka bengap setelah bangun tidur juga bisa terjadi karena tubuh kelebihan berat air setelah semalam makan makanan tinggi garam atau habis minum-minum miras. Begitu ungkap Margarita Lolis, MD, selaku dokter kulit dari New Jersey.

Selain itu, posisi wajah yang tertekan di atas bantal selama Anda tidur turut menyebabkan setelah bangun tidur nantinya. Lantas, bagaimana cara mengempeskan muka bantal setelah bangun pagi?.

Apabila muka bantal benar-benar murni disebabkan oleh kebiasaan sebelum tidur yang buruk dan tidak disertai gejala alergi, infeksi maupun cedera khusus, cara mengempiskannya sebetulnya mudah. Bahkan muka bengap bisa dibiarkan saja kempis dengan sendirinya. Berikut penjelasannya lebih lanjut:

Cuci Muka Pakai Air Dingin
Namun jika Anda butuh tampil prima tanpa godaan dan nyinyiran teman sekitar, coba cuci muka Anda pakai basuhan air dingin. Anda juga bisa kompreskan es batu yang dibalut handuk tipis pada seluruh wajah Anda, saran Sejal Shah, MD, seorang dokter kulit di New York.

Kompres dingin dapat mengecilkan pembuluh darah di wajah sehingga memperlambat aliran darah yang membuat wajah bengap. Alternatifnya, Anda bisa rutin pakai tempelkan irisan mentimun atau kantong teh celup dingin di area wajah yang bengap.

Minum Air Putih
Sudah disebutkan di atas bahwa dehidrasi setelah semalaman tidur dan tidak minum sama sekali bisa membuat wajah bengap. Untuk menyudahi masalah memalukan ini, perbanyak minum banyak air putih di pagi hari setelah bangun tidur.

Lanjutkan dengan tetap menenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk sehari penuh. Minum air putih dapat membantu tubuh membuang kelebihan berat air.

Pijat Wajah
Rutin memijat wajah dan melakukan senam wajah setiap baru bangun tidur disinyalir dapat memperlancar aliran darah pada wajah. Alhasil, Anda bisa ucapkan selamat tinggal pada wajah bengep yang sering jadi bahan lelucon itu. Semoga bermanfaat. (hellosehat.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.