3 Cara Cerdas Pilih Oli untuk Motor Matik

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Cerdas Pilih Oli untuk Motor Matik
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan salah satu jenis kendaraan roda dua yang memiliki teknologi dan fitur canggih. Meskipun begitu, motor matik tetap membutuhkan perawatan terutama oli mesin. Oli memiliki bahan khusus sehingga mampu mencegah benturan antara logam yang ada pada mesin.

Nah, sebelum memutuskan membeli oli, pemilik harus tahu jenis yang cocok untuk kendaraan yang digunakan. Bila Anda menggunakan motor matik, ada beberapa formulasi dan spesifikasi pada oli yang sudah disesuaikan dengan aktifitas penggunaan dan jenis kendaraan.

Berikut panduan memilih sesuai kebutuhan seperti dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang mengutip dari Federal Oil.

Sesuaikan dengan Rutinitas

Apabila pemilik kendaraan sering melalui jalur padat dan macet sehingga motor sering berhenti, Anda sebaiknya menggunakan oli yang memiliki zat aditif.

Dengan pelumas yang memiliki zat aditif, panas berlebihan pada mesin motor dapat berkurang.

Baca Juga: Dampak Sistem Zonasi, SMPN di Bangkalan Kekurangan 2.723 Siswa

Sesuaikan Kekentalan

Kekentalan pelumas mesin motor matik berbeda dengan jenis motor bebek dan sport. Oleh karena itu, pemilik motor memerlukan oli dengan kekentalan yang tepat.

Cari oli mesin dengan kekentalan API SL (Standart American Petroleum Institute) L yang sesuai dengan kebutuhan sepeda motor matik.

Pilih Oli Berkualitas

Pilih oli yang memiliki sertifikat API dan JASO. Adanya sertifikat API, membuktikan bila oli sudah diuji oleh American Petroleum Institute dan banyak dipakai di Eropa.

Sedangkan JASO membuktikan oli telah di cek kualitasnya oleh Japanese Automotive Standar Association dan oli ini banyak dipakai di Jepang.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.