oleh

3 Cara Gunakan Wattpad Bagi Pemula

PortalMadura.Com – Semakin berkembangnya teknologi, kini berbagai macam aplikasi pun mudah diinstal di smartphone, salah satunya adalah Wattpad. Apa itu?. Wattpad merupakan situs atau aplikasi yang khusus diperuntukkan bagi pembaca dan penulis.

Penulis dapat menyalurkan bakatnya dengan bergabung di platform tersebut, dan dengan mudah menemukan para pembaca tulisan mereka. Begitu pula dengan pembaca, mereka bisa dengan mudah menemukan tulisan dari berbagai genre.

Lantas, bagaimana dengan penulis dan pembaca pemula yang baru akan mendaftar di Wattpad?. Apalagi dengan banyaknya cara dan kategori yang harus dijelajahi, mungkin akan cukup sulit dan membingungkan bagi mereka untuk menggunakan dan memanfaatkan fitur-fitur Wattpad.

Namun pengguna pemula tidak perlu khawatir, ada beberapa cara menggunakan Wattpad untuk pemula, melansir dari laman detik.com, Minggu (7/7/2019).

Berikut ini uraiannya:

Cara Membaca di Wattpad

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum bisa membaca berbagai tulisan di Wattpad, pengguna diharuskan untuk mendaftar dan membuat akun baru.

Caranya pun cukup mudah, akses web Wattpad lewat desktop atau dengan download aplikasi mobile Wattpad untuk smartphone Android dan iOS. Setelah itu, pengguna akan melihat formulir untuk mendaftar. Kemudian, pengguna bisa mendaftar dengan menghubungkan akun Facebook dan Google atau dengan memasukkan email.

Setelah terdaftar, di halaman utama Wattpad pengguna akan dihadapkan dengan tiga menu utama yaitu Discover, Create, dan Community. Untuk mencari buku yang ingin dibaca, pengguna bisa pilih opsi Discovery.

Di search bar yang ada, pengguna bisa memasukkan judul atau kata kunci yang diinginkan, misalnya romance, action, adventure dan sebagainya.

Setelah menemukan cerita atau kover yang menurut pengguna menarik, pengguna bisa klik cerita yang dimaksud untuk membaca sinopsisnya. Bila pengguna ingin membaca cerita tersebut, klik tombol Read. Setelah tombol tersebut diklik pengguna akan mendapatkan pilihan untuk memasukkan cerita tersebut ke library atau daftar baca.

Loading...

Jika pengguna memilih menambahkan cerita ke library, pengguna bisa mengakses perpustakaan pribadi tersebut dengan klik ikon tumpukan buku. Klik kover buku yang ingin dibaca, dan pengguna akan langsung diarahkan ke halaman pertama.

Baca Juga: 4 Solusi Agar Tak Gugup Saat Hadapi Seminar

Cara Menulis di Wattpad

Sebenarnya, untuk memulai menulis di Wattpad caranya tidak sulit. Pengguna bisa memilih menu Create yang berada di halaman utama. Setelah itu pilih opsi “Create new story” untuk menulis cerita baru atau opsi “Edit another story” untuk mengedit cerita yang sedang ditulis.

Selanjutnya, masukan detail-detail penting untuk cerita pengguna seperti judul, deskripsi, dan kover sebelum mulai menulis cerita. Detail-detail ini sangat membantu untuk membuat pembaca baru tertarik pada tulisan pengguna.

Tulis cerita pengguna. Jika pengguna masih kesulitan untuk melakukan bagian ini, ada banyak penulis di Wattpad yang membagikan cara menulis yang bisa dibaca. Jangan lupa pilih kategori genre yang sesuai dengan tulisan pengguna agar mudah ditemukan pembaca.

Setelah lelah menulis, simpan tulisan pengguna dengan klik tombol Save. Tulisan yang sudah disimpan nantinya bisa diedit lagi. Jika sudah puas, pengguna bisa menerbitkan tulisan pengguna agar bisa dibaca oleh publik dengan klik tombol Publish.

Berinteraksi dengan Komunitas

Banyak keuntungan yang bisa pengguna dapatkan dengan bergabung di Wattpad. Sebab, Wattpad memiliki komunitas pembaca dan penulis yang sangat aktif. Dengan bergabung di komunitas ini, pengguna bisa mendiskusikan cerita yang sedang pengguna baca dengan pembaca lain atau memberi feedback kepada penulis favorit pengguna.

Selain itu, pengguna juga bisa menemukan banyak thread, mulai dari yang sifatnya umum hingga sangat spesifik. Untuk mendukung penulis favorit, pengguna juga bisa voting cerita favorit pengguna dengan klik tombol vote.


Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com

Komentar