4 Solusi Agar Tak Gugup Saat Hadapi Seminar

Avatar of PortalMadura.com
4 Solusi Agar Tak Gugup Saat Hadapi Seminar
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang yang terjun di dunia pendidikan maupun pekerjaan tentu akan menghadapi yang namanya seminar. Baik itu presentasi tentang proyek pekerjaan di hadapan klien, atau mempresentasikan tugas sekolah, maupun seminar skripsi. Pertemuan dengan banyak orang ini, terkadang bisa menimbulkan perasaan gugup atau nervous.

Perasaan seperti itu memang tidak ada salahnya, sebab rasa gugup itu manusiawi. Namun, jika perasaan gugup tidak cepat diatasi tentu bisa membuat Anda kalah sebelum berperang.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang takut menghadapi seminar, ada beberapa cara yang bisa menjadi acuan. Apa saja?.

Berikut empat cara mengatasi rasa gugup saat menghadapi seminar, melansir dari laman okezone.com, Jumat (5/7/2019):

Pilih Topik dan Kemasan yang Menarik

Sebelum seminar dimulai, pastikan topik yang akan dipresentasikan bisa menarik pendengar. Pasalnya, topik dan pembahasan presentasi sangat menentukan bagaimana Anda ada di hadapan orang-orang banyak.

Topik dan kemasan pada slide presentasi juga memengaruhi reaksi audiance. Misalnya, sisipkan format gif atau gambar pada slide presentasi Anda.

Mempersiapkan Diri dari Jauh Hari

Ketika Anda memiliki waktu seminggu atau bahkan lebih untuk mempersiapkan proyek yang telah dibuat, jangan tunggu besok dan besoknya lagi. Anda disarankan tidak menunda-nunda untuk mematangkan presentasi Anda.

Sebab, jika Anda menunda untuk mematangkan presentasi, Anda pasti akan menyesal usai presentasi. Cobalah untuk menyicil tugas presentasi Anda dan persiapkan diri secara matang demi performa presentasi yang maksimal.

Baca Juga: Minim Pengalaman? Ini 5 Cara untuk Membimbingmu Sukses Mendapat Pekerjaan

Minta Bantuan Google

Dalam menyiapkan materi seminar, sebaiknya Anda tidak asal meng-copy-paste begitu saja, buku maupun dari internet. Anda perlu mempelajari materi presentasi terlebih dahulu secara matang agar bisa mengetahui secara detail.

Untuk itu, mintalah bantuan mesin pencarian jika Anda sulit menemukan detilnya. Melalui bantuan google, Anda juga bisa mempercantik slide presentasi Anda. Seperti, menambahkan ilustrasi, gambar yang relavan, atau bahkan video.

Praktik, Praktik, dan Praktik

Terus berlatih jauh-jauh hari bisa menjadi salah satu kunci Anda tidak gugup saat presentasi. Anda bisa berlatih presentasi di depan kaca, di depan hewan peliharaan, di depan orang tua, atau di depan saudara Anda. Hal ini akan melatih mental Anda untuk presentasi di hadapan audience.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.