3 Cara Kembalikan Warna Kulit Akibat Paparan Sinar Matahari

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Kembalikan Warna Kulit Akibat Paparan Sinar Matahari
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kegiatan yang sering dilakukan di luar rumah atau outdoor ternyata juga dapat menyebabkan kulit wajah, tangan, dan kaki menjadi belang. Hal ini disebabkan oleh yang mengenai kulit dalam waktu lama akibat kulit yang tidak ada perlindungan.

Bagi sebagian orang, kulit belang mungkin bukanlah masalah yang besar. Tapi jika dibiarkan terus menerus, masalah kulit ini tentu dapat menganggu penampilan Anda dan harus segera diobati.

Untuk mengakalinya, berikut ini tiga akibat paparan sinar matahari:

Eksfoliasi
Salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk meratakan kulit yang belang adalah menggunakan cara eksfoliasi. Teknik ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami atau dengan produk kecantikan.

Cara tersebut sangat ampuh mengembalikan warna kulit belang, kusam, serta mengangkat sel kulit mati. Kendati demikian, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Anda harus menghindari sinar matahari, saat kuit mengalami proses pengelupasan. Tidak hanya itu, eksfoliasi juga dapat membuat kulit lebih rentan terhadap sinar matahari. Oleh karenanya, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter kulit kepercayaan Anda.

Produk Perawatan Kulit
America Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan khusus seperti vitamin C, asam glikolat, retinoid, asam kojic, dan asam azelaic. Kandungan ini dipercaya dapat merawat dan meringankan kulit sehingga dapat mengatasi kulit belang akibat sinar matahari.

Beberapa kandungan tersebut ampuh memperlambat produksi melanin, dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Tapi perlu diingat, jika Anda memilih cara ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit.

Masker
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan masker alami. Ada beberapa pilihan bahan yang bisa Anda gunakan. Salah satunya dengan memanfaatkan kunyit. Ya, meski kunyit belum terbukti meringankan kulit, namun sebuah penelitian menemukan bahwa tanaman ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari jika diolah menjadi krim kulit.

Kunyit juga berfungsi untuk melembapkan kulit. Kekurangannya, penggunaan bahan yang satu ini dapat meninggalkan noda pada pakaian yang sulit untuk dihilangkan.

Untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan pembersih wajah setelah menggunakan masker kunyit. Selain kunyit, Anda juga bisa menggunakan teh hitam. Para ahli mengklaim bahwa teh hitam dapat mencerahkan warna cokelat pada kelinci di laboratorium.

Kendati demikain, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan ekperimen tersebut terhadap tubuh manusia. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.