oleh

3 Cara Lewati Turunan Curam dengan Motor Matik

PortalMadura.Com – Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang dinilai lebih lincah serta mudah dalam sistem pengoperasian. Apalagi dalam keadaan macet, alat transportasi ini bisa sangat diandalkan. Karena tidak butuh ruang yang banyak dan bisa menyelinap diantara kendaraan lain.

Namun, yang perlu diperhatikan pengendara motor yaitu ketika harus melintasi jalan menanjak dan menurun. Teknik pengereman bisa jadi faktor utama terjadinya rem blong dan kecelakaan. Apalagi jika yang digunakan motor metik.

Jika ingin melintasi jalan menanjak dan menurun, lebih baik perhatikan beberapa teknik pengereman yang benar agar terhindar dari rem blong dan kejadian buruk lainnya, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (16/8/2019) dari laman liputan6.com yang mengutip dari Wahana Honda.

Gunakan Rem Depan dan Belakang Secara Bergantian

Kesalahan fatal yang menyebabkan terjadinya rem blong yaitu penggunaan rem yang tidak optimal atau menggunakan rem depan atau belakang saja. Sebenarnya penggunaan salah satu rem sangat tidak disarankan karena pengendara bisa saja terpeleset.

Namun di jalan turunan panjang pengendara membutuhkan fungsi rem berjalan optimal, penggunaan rem secara bergantian mengurangi timbulnya panas berlebih pada kampas rem, khususnya skuter matik.

Loading...

Baca Juga: Jaringan Sampang, Dua Warga Pamekasan Terjerat Sabu di Bangkalan

Dinginkan Tromol dan Kampas Rem Sejenak

Overheating merupakan penyebab fatal terjadinya rem blong. Di jalan menurun panjang, penggunaan rem terus menerus akan menimbul panas berlebih di bagian kampas dan juga tromol.

Panas berlebih ini bisa menyebabkan sistem pengereman tidak maksimal. Bisa jadi kampas rem mudah tergerus, atau mengalami kerusakan. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya pengendara berhenti untuk melakukan pendinginan.

Jangan pernah menyiram tromol dan kampas rem yang sedang panas dengan air. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada komponen pengereman. Sebaiknya tunggu bagian tromol tidak terlalu panas untuk bisa menyiramkan air ke bagian tromol.

Cek Kondisi Rem Secara Berkala

Merawat kendaraan secara berkala menjadi sebuah kewajiban. Sepeda motor yang terawat akan membuat nyaman saat melintasi kondisi jalan seperti apapun. Pengecekan berkala juga berlaku untuk sistem pengereman yang ada pada sepeda motor. Cek pengereman mulai dari cakram, tromol, dan kampas rem.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: liputan6.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar