oleh

3 Cara Menghadapi ‘Toxic People’ di Kantor

PortalMadura.Com – Pernah mendengar yang namanya toxic people?. Istilah ini ditujukan bagi orang yang “beracun”. Maksudnya, pribadi yang seperti ini biasanya suka menyusahkan dan merugikan orang lain. Entah secara fisik ataupun emosional.

Tidak heran, keberadaannya kerap membuat mood rusak dan terkesan menjadi menyebalkan berada di dekatnya. Apabila orang yang seperti ini Anda temui di kantor, bukan tidak mungkin lingkungan kerja bisa jadi tempat yang tidak kondusif bagi Anda.

Tentunya, kondisi seperti ini jelas tidak baik untuk kesehatan mental Anda. Lalu bagaimana caranya agar toxic people tidak sampai membuat kewarasan terganggu?.

Dilansir Merdeka.com, yang dikutip dari Purewow, berikut ini beberapa jenis toxic people di kantor dan cara mengatasinya:

Jerk

Jenis toxic people yang pertama yaitu jerk. Tipe orang yang seperti ini akan sangat mengganggu di depan mata Anda tanpa ragu. Namun, terkadang mereka juga sangat hebat dalam pekerjaan.

Cara menangani toxic people seperti ini adalah dengan mendengarkan mereka, Anda harus benar-benar berempati. Kemungkinan besar mereka memiliki masa lalu yang buruk atau pernah diperlakukan buruk di tempat kerja sebelumnya, dan ia merasa perlu melakukan hal yang sama agar tidak terluka lagi.

Perlu Anda tahu, rasa empati tidak sama dengan membuka diri. Tipe toxic people yang satu ini berpotensi merusak reputasi dan menyalahgunakan kerentanan Anda. Jadi, disarankan untuk menghindari mereka sebisa mungkin.

Loading...

Dissenter

Selanjutnya, toxic people yang ini adalah mereka yang selalu berusaha menggagalkan rencana Anda, mereka tidak pernah memiliki saran yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah. Justru yang terjadi adalah sebaliknya.

Cara menangani mereka adalah dengan mendengarkan. Mereka memiliki sudut pandang yang patut dipertimbangkan di balik semua sikap sombong dan tidak menyenangkan yang mereka perlihatkan.

Baca Juga : Guys, Ini 6 Cara untuk Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan di Kantor

Selanjutnya, ajukan sebanyak mungkin pertanyaan untuk membantu mereka berjalan ke arah yang benar. Jika semua cara di atas gagal, hujani mereka dengan pujian. Pujian selalu menjadi cara terbaik untuk membuat segala hal menjadi ringan dan positif.

Slacker

Jenis toxic people yang terakhir adalah slacker. Ini adalah tipe toxic people yang akan terlalu banyak berjanji dan jarang ada orang di kantor yang menyadari perilaku mereka. Jangan hanya berdiam diri, karena pada akhirnya, Anda akan bekerja sendiri dan kewalahan.

Jangan takut untuk memberitahu atasan tentang perilaku toxic people yang satu ini, terutama jika Anda dan mereka bekerja di dalam satu tim. Semakin cepat Anda memberitahu atasan, ia akan semakin cepat mencari tahu apa yang menghambat kinerja timnya sendiri.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : merdeka.com
Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE