3 Cara Mudah Backup Foto ke Google Photos di Smartphone dan Desktop

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Mudah Backup Foto ke Google Photo di Smartphone dan Desktop
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan layanan penyimpanan gratis foto dan video yang baru saja diluncurkan Google. Foto-foto yang disimpan akan terjamin kemanannya karena hanya Anda yang mengaksesnya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir foto yang disimpan bisa dilihat orang lain.

Selain menawarkan penyimpanan secara gratis, Google juga menggunakan analisis gambar berbasis kecerdasan buatan (Artificial intelligence, AI) untuk mengatur foto dan video Anda, membuatnya lebih mudah dicari dan diedit.

Lantas, bagaimana jika Anda ingin membackup foto dan video ke layanan penyimpanan cloud Google, dan mengaksesnya dari beragam perangkat mobile? Sebagaimana yang dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Digital Trends. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan foto dan video ke Google Photos menggunakan perangkat iOS, Android, dan :

Instal Aplikasi Google Photos

Untuk menggunakan Google Photo di iPhone atau Android, pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi tersebut dari App Store atau Google Play Store.

Bagi Anda yang pakai Mac atau Windows, Anda harus terlebih dahulu mensetting aplikasi agar secara otomatis menyingkron gambar dan file lain dari komputer Anda ke aplikasi Photos.

Setelah dibuka, ikon Google Photos bakal muncul di menu bar paling atas browser. Anda bisa mengontrolnya melalui Preferences.

Baca Juga: Madura FC Waspadai Pemain PSIM Jogja, Cristian Gonzáles

Akses Pengaturan Backup dan Sync di Mobile

Buka aplikasi Google Photos di ponsel iOS dan Android, pilih Settings dari menu utama dan pilih Backup & Sync.

Di sini, Anda bisa mengaktifkan auto backup dan mengatur ukuran file unggahan. High Quality bakal menyimpan gambar dan vieo dalam jumlah tidak terbatas hingga 16MP secara gratis.

Lebih dari 16MP bakal dikompresi di cloud, tetapi tidak di desktop atau perangkat Anda.

Pilih Backup via Paket Data atau Wi-Fi

Anda dapat memilih untuk mengunggah konten melalui paket ata atau lewat Wi-Fi. Jika punya paket data yang tidak terbatas, Anda tidak perlu khawatir kehabisan kuota.

Tetapi juga memiliki kuota data terbatas, ada baiknya untuk menonaktifkan pengaturan via seluler sehingga proses unggahan dilakukan via Wi-Fi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.