oleh

3 Cara Simpan Santan Agar Tak Mudah Basi dan Awet

PortalMadura.Com – Berbagai olahan yang mengandung santan memang enak dan gurih. Hampir banyak orang menyukai masakan berbahan dasar ini. Salah satu masakan yang cukup terkenal dengan kuah santannya adalah opor ayam atau gudeg.

Berbicara santan, sebagai penggemarnya tentu ingin menikmati hidangan ini tidak hanya sekali saja, tapi setidaknya bisa berkali-kali. Oleh karena itu, Anda disarankan menyimpan santan dengan baik dan benar agar kualitasnya tetap terjamin.

Dengan kata lain, agar masakan bersantan terasa lebih lezat, sebaiknya perhatikan kualitas santannya. Pasalnya, meskipun santan sudah disimpan dalam waktu yang lama, sebenarnya santan bisa memiliki kualitas yang baik. Asal cara menyimpannya benar.

Lalu, bagaimana caranya?. Berikut ini adalah cara menyimpan santan agar tetap awet dan tahan lama seperti dilansir PortalMadura.Com, Ahad (26/1/2020) dari laman Fimela.com berikut ini:

Cara Menyimpan Santan

1. Parut kelapa kemudian siram dengan air panas. Biarkan hingga dingin. Setelah itu, simpan parutan kelapa ini di dalam lemari es. Saat membutuhkan santan, peras santan secukupnya. Cara penyimpanan ini cukup untuk menyimpan santan selama 2 hari.

2. Siram kelapa parut dengan air panas kemudian biarkan dingin. Peras santannya dan rebus dengan api kecil hingga sedikit mendidih. Angkat santan, biarkan dingin dan masukkan ke botol atau bungkus pakai plastik kedap udara. Lalu, simpan santan di lemari es. Dengan begitu, santan bisa bertahan hingga 2 hari 2 malam dengan cara ini.

3. Bagi Anda yang menginginkan agar santan bertahan hingga 2 sampai 3 bulan, Anda perlu menyimpan santan di dalam plastik kedap udara atau botol kemudian letakkan di freezer. Saat ingin menggunakan santan, Anda cukup mengeluarkan santan dari lemari es dan membiarkannya hingga mencair.

Baca Juga : Ketahui Lama Santan Segar Bertahan dalam Kulkas

Demikian beberapa cara menyimpan santan agar awet dan tahan lama digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE