3 Cara Tumbuhkan Kreativitas Anak Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.Com
3 Cara Tumbuhkan Kreativitas Anak Sejak Dini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Anak tumbuh cerdas dan penuh kreativitas merupakan keinginan semua orang tua. Karena untuk menjadi kreatif tidak segampang membalikkan telapak tangan, perlu dibiasakan dari kecil.

Oleh karena itu, sebagai orang tua perlu menumbuhkan sejak kecil, agar terbiasa dan terbawa hingga mereka dewasa. Lantas bagaimana cara orang tua untuk menumbuhkan kreativitas anak?

Berikut ulasannya:

Memberikan Kesempatan
Menurut Dr dr Ariani Dewi Widodo SpA(K) dari RSAB Harapan Kita, untuk menumbuhkan kreativitas anak, yang pertama, orang tua harus memberikan kesempatan. Jadi ada media dan peralatan yang bisa memfasilitasi minat mereka. Misalnya suka menggambar, sediakan media pada anak untuk bisa menggambar.

‘Menghabiskan' Waktu Bersama
“Seringkali orang tua hanya membelikannya saja ‘Nih, buat kamu main' setelah itu ditinggal main sendiri. Padahal jangan seperti itu,” kata dr Ariani di acara Opening Ceremony ‘DULUX COLOUR STUDIO', Kidzania Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018).

Karena waktu merupakan hal yang paling berharga bagi anak sesungguhnya. Jadi orang tua bisa temani mereka main kemudian bisa berkomunikasi dengan mereka. Dengan begitu Anda juga bisa meningkatkan bonding dengan anak-anak.

Memberikan Stimulasi
Yang ketiga, orang tua perlu memberikan stimulasi, misalnya dalam bentuk pertanyaan. Kalau untuk anak-anak yang lebih kecil, mungkin orang tua perlu menanyakan hal yang simpel seperti warna dan bentuk. Dengan begitu tidak cuma kreativitas yang didapat tapi kecerdasan juga.

Menurut Psikolog Tika Bisono jangan lupa untuk membiarkan anak memperluas pergaulannya. Tujuannya tidak lain yaitu agar anak dapat berinteraksi dengan teman seusianya. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.