3 Faktor Penyebaran Narkoba di Kalangan Anak dan Remaja Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
3 Faktor Penyebaran Narkoba di Kalangan Anak dan Remaja Sumenep
(Nor Fitriyah @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Badan Narkotika Nasional Indonesia (BNN) Kabupaten Sumenep, Madura, membagi 3 faktor penyebaran narkoba di kalangan anak dan remaja Sumenep.

Ketua BNNK Sumenep Bambang Sutrisno menyebutkan, tiga faktor itu, pertama mereka memang benar-benar tidak tahu narkoba dan bahayanya.

Faktor lainnya, “Ada yang ingin gaul. Katanya kalau tidak pakai narkoba tidak gaul. Itu hasil dari introgasi kita pada anak korban narkoba,” kata Bambang Sutrisno pada peringatakan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), Senin (27/6/2022) malam.

Ada faktor broken home (ketidakharmonisan dalam keluarga). “Itu tiga faktor penyebaran narkoba di kalangan anak dan remaja,” tandasnya.

Selama ini, kata dia, lembaga BNNK melakukan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) berupa 4 pilar. Yakni, pencegahan dengan cara sosialisasi, penyuluhan, pemberdayaan serta rehabilitasi.

“Upaya itu kita lakukan bagaimana kita menekan peredaran narkoba,” ujarnya.

Baca Juga:  HUT ke-77 RI, 210 Narapidana Rutan Sampang Terima Remisi Umum

Sedangkan upaya untuk memberantas peredaran narkoba, BNNK Sumenep mengambil peran pada menjaga ketahanan keluarga, tindakan keras, penggunaan IT dan kerjasama.

Tupoksi tersebut akan berjalan baik jika seirama dengan semua lapisan masyarakat. Sebab, kata dia, narkoba itu seperti gunung es.(*)

Penulis: Nor FitriyahEditor: Hartono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.