3 Hal Mudah untuk Rawat Mobil Mesin Turbo

Avatar of PortalMadura.com
3 Hal Mudah untuk Rawat Mobil Mesin Turbo
Ilustrasi (Tribun)

PortalMadura.Com dengan memiliki performa yang kuat. Oleh karena itu, sebagian orang banyak yang menggunakan mobil dengan mesin yang seperti itu.

Sebagai informasi, sistem kerja komponen turbo memanfaatkan aliran udara dari gas buang mesin kendaraan untuk memutar baling-baling turbin, hingga bisa menghasilkan udara yang terkompresi dalam volume yang banyak.

Ada beberapa langkah untuk merawat mobil dengan mesin turbo. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut ini penjelasannya:

Periksa dan Ganti Oli Mesin Teratur

Oli mesin memegang peranan penting karena memiliki fungsi vital, yakni untuk melindungi mesin dari keausan akibat gesekan antar komponen, membantu menjaga suhu mesin mobil, hingga membersihkan sejumlah kerak-kerak yang ada. Konsumen bisa memeriksa volume oli mesin dan kualitasnya melalui dipstick yang biasanya ada di mesin.

Apabila volume oli sudah berkurang atau kondisinya sudah keruh, bisa datang ke bengkel resmi untuk mengganti oli mesin. Melakukan perawatan berkala dan pergantian oli mesin di bengkel resmi akan mendapatkan jaminan spesifikasi oli mesin yang direkomendasikan pabrikan dan pemeriksaan kendaraan yang menyeluruh secara akurat.

Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Perawatan paling sederhana yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai rekomendasi pabrikan. Kendaraan dengan mesin turbo membutuhkan bensin dengan RON minimal 92.

Penggunaan bensin yang tepat sesuai rekomendasi pabrikan akan membantu sistem pembakaran bekerja sempurna. Terutama bagi mobil turbo ini yang diharuskan menggunakan bahan bakar berkualitas sehingga performa mesin mobil akan lebih meningkat dan lebih irit bahan bakar.

Rutin Membersihkan Filter Udara

Kunci dari proses kerja turbo adalah udara yang masuk ke dalam turbin. Sehingga pemilik kendaraan sebaiknya rutin membersihkan saringan udara. Jika sampai saringan udara kotor, maka maka

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.