3 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Sulit Terkoneksi di WhatsApp Web

Avatar of PortalMadura.com
3 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Sulit Terkoneksi di WhatsApp Web
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada dasarnya, WhatsApp Web merupakan ‘kepanjangan tangan’ dari aplikasi WhatsApp. Maka untuk menggunakan WhatsApp Web, pengguna harus sudah memiliki akun WhatsApp yang aktif di perangkat smartphone mereka.

Untuk pengguna yang masih awam dengan WhatsApp Web, Anda tinggal menuju ke ‘web.whatsapp.com‘ di komputer dan kemudian mengikuti petunjuk yang diberikan untuk menghubungkan akun WhatsApp di ponsel Anda via (QR code) kode QR.

Perlu pengguna ketahui, bahwa WhatsApp Web sendiri merupakan penunjang aplikasi WhatsApp di ponsel. Maka masalah konektivitas, baik di komputer maupun telepon seluler, merupakan dua alasan utama Anda mungkin jadi tidak bisa mengirim atau menerima chat WhatsApp Web.

Nah, berikut ini tiga hal yang bisa jadi penyebab Anda sulit terkoneksi di WhatsApp Web:

Masalah Konektivitas Telepon
Seperti sudah disebutkan di atas, WhatsApp Web pada dasarnya semata merupakan penunjang yang mesti terhubung ke ponsel untuk mensinkronisasikan pesan yang Anda terima.

Maka dari itu, jika ponsel Anda tidak terhubung dengan WhatsApp, otomatis WhatsApp Web pun jadi tidak bisa digunakan. Sehubungan dengan itu, langkah pertama yang bisa dicoba di ponsel Anda adalah: Buka WhatsApp pada ponsel Anda dan cobalah untuk mengirim pesan. Jika ternyata ada masalah pada koneksi telepon seluler Anda, mengaktifkan flight mode untuk kemudian langsung menonaktifkannya lagi terkadang bisa saja membantu.

Nah, jika kemudian pengiriman pesan WhatsApp sudah sukses dilakukan di ponsel, cobalah kembali buka WhatsApp Web di komputer Anda. Bagaimana kalau ternyata masih saja tidak bisa?.

“Jika Anda masih mengalami kesulitan mengirim atau menerima pesan pada WhatsApp Web, kemungkinan ada masalah koneksi pada komputer Anda,” sebut WhatsApp.

Baca Juga: Wow Keren, Kini WhatsApp Web Bisa Kirim Pesan Format PDF

Masalah Konektivitas Komputer
Penggunaan WhatsApp Web bukan cuma bergantung pada koneksi aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Koneksi internet yang stabil pun diperlukan pada perangkat komputer. Bar kuning bertuliskan ‘Komputer Tidak Terhubung’ atau ‘Computer not connected‘ akan muncul di antarmuka WhatsApp Web pada komputer Anda jika ada gangguan koneksi.

Sehubungan dengan itu, langkah pertama yang bisa dicoba adalah mengecek koneksi internet di komputer Anda. Setelah itu, cobalah untuk memuat ulang (refresh) halaman berisikan WhatsApp Web.

Jika masalah tetap terjadi, WhatsApp menyarankan untuk log out lebih dulu pada sesi WhatsApp Web tersebut. Caranya adalah mengakses bagian titik tiga, lalu memilih keluar atau log out. Setelah itu, cobalah untuk masuk (log in) lagi.

“Penting: Anda harus menggunakan versi terbaru browser Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau Edge untuk dapat menggunakan WhatsApp Web. Browser lainnya, seperti Internet Explorer tidak didukung,” sebut WhatsApp.

Masalah pada Koneksi Wi-Fi Tertentu
Pusat bantuan WhatsApp juga menyatakan adanya kemungkinan akses WhatsApp Web memang diblokir atau dibatasi di jaringan Wi-Fi tertentu. Jika demikian, begini langkah yang disarankan WhatsApp dan bisa Anda coba.

“Jika WhatsApp Web memberitahu Anda bahwa Anda berada di jaringan yang menghalangi WhatsApp Web untuk bekerja dengan normal, mohon tanyakan pada admin jaringan tersebut untuk memberikan akses traffic ke web.whatsapp.com, *web.whatsapp,com, dan *.whatsapp.net” pungkas WhatsApp.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.