3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang Box di Motor

Avatar of PortalMadura.com
3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang Box di Motor
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mayoritas masyarakat Indonesia menjadikan sepeda motor sebagai mode transportasi andalan mereka. Sehingga tidak sedikit juga dari mereka yang menyematkan box bagasi tambahan di sepeda motor untuk memberikan ruang penyimpanan lebih di kuda besi kesayangannya.

Tentunya box tambahan ini difungsikan beraneka ragam, mulai dari menyimpan jas hujan, helm, hingga barang bawaan lainnya. Kemudian dari bentuknya juga beraneka, mulai dari top box hingga side box.

Nah, sebelum membeli box untuk sepeda motor kesayangan, Anda perlu memerhatikan berbagai hal. Jangan sembarangan membeli karena akan berpengaruh selama perjalanan.

Apa saja?. Berikut ini uraiannya:

Memilih Sesuai Ukuran dan Kapasitasnya
Pertama tentu Anda harus mengetahui kapasitas dan ukuran box yang dibutuhkan. Sebagai antisipasi keperluan maupun kebutuhan, bisa memilih box dengan kapasitas dan ukuran yang cukup besar. Kendati demikian, sesuaikan box pilihan dengan kebutuhan.

Sesuaikan Pilihan Box dengan Kapasitas Mesin
Jangan memilih box sepeda motor dengan kapasitas dan ukuran yang terlalu besar karena dapat menurunkan kecepatan sepeda motor akibat kapasitas angkut sepeda motor yang berat. Setiap sepeda motor memiliki kapasitas masing-masing yang disesuaikan dengan mesinnya.

Jika sepeda motor berkapasitas mesin 125 cc, maka box dengan kapasitas maksimal 30 liter yang cocok. Untuk mesin 250-400 cc, box dengan kapasitas 35 liter. Sedangkan untuk mesin dengan kapasitas lebih 400 cc, box dengan kapasitas maksimal 50 liter adalah pilihannya.

Baca Juga: Presiden Jancukers, Sudjiwo Tedjo: Kita Harus Menghidupkan Identitas Madura

Pilih Box dengan Standar Keamanan Tinggi
Hal ini tentu jangan sampai terlewatkan. Ketika memilih box untuk sepeda motor kesayangan haruslah dengan sistem keamanan yang cukup memadai. Pilih box sepeda motor yang memiliki sistem penguncian baik yang hanya bisa lepas dari plate menggunakan kunci.

Ketika sudah memasang box sepeda motor, perhatikan juga teknik mengendarai sepeda motor. Mengingat kini struktur sepeda motor berubah karena ada tambahan box di belakang. Efeknya adalah titik bobot sepeda motor juga beralih ke belakang. Sehingga keseimbangan sepeda motor juga berubah yang akan berpengaruh kepada cara berkendara.

Untuk itu, pikirkan matang-matang ketika membeli box tambahan, dan pastikan sudah siap dengan segala risikonya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.