oleh

3 Tips Rawat Sepeda di Musim Hujan

PortalMadura.Com – Saat ini sudah masuk musim penghujan. Walaupun masuk dimusim hujan tidak akan mematahkan semangat penggemar sepeda. Namun semangat ini harus diimbangi dengan perawatan yang ekstra pada sepeda Anda.

Air hujan dapat berdampak buruk pada beberapa bagian sepeda Anda. oleh karena itu Anda harus mengetahui 3 tips merawat sepeda di musim hujan. Dilansir dari laman Idntimes.com, Kamis (3/12/2020) berikut tipsnya.

Simpan Sepeda di Tempat yang Terlindung dari tetesan hujan

Hal yang paling utama adalah menyimpan sepeda di tempat yang teduh. Pilihlah tempat penyimpanan yang aman dari hujan dan sinar matahari secara langsung. Anda juga bisa menggunakan cover khusus untuk sepeda agar sepeda Anda jauh dari debu.

Segera Cuci Sepeda

Saat sepeda Anda terkena hujan sebaiknya segera cuci sepeda Anda. Karena hujan akan cepat membuat sepeda Anda cepat berkarat. Oleh karena itu mencuci sepeda sangat diperlukan. Cuci sepeda mulai dari setang hingga bagian belakang sepeda. Setelah Anda mencuci sepeda sebaiknya keringkan menggunakan lap kering.

Pastikan drivetrain dan kabel tetap terlumasi dengan baik

Drivetrain membutuhkan pelumas agar tetap berfungsi dengan baik dan mencegah karat. Sebelum dilumasi sebaiknya bersihkan terlebih dahulu bagian ini. Pembersihanini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang tidak terangkat saat sepeda di cuci.

Kabel juga memerlukan pelumas hal ini bertujuan untuk mencegah air masuk ke ruang kecil antara kabel di dalam dan di luar.

Rewrite : Lisa Mana L
Sumber : Idntimes.Com

Komentar