3 Trik Jitu Bikin Aktivitas Memasak Jadi Lebih Menyenangkan

Avatar of PortalMadura.com
3 Trik Jitu Bikin Aktivitas Memasak Jadi Lebih Menyenangkan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada dasarnya, kewajiban kerap kali membuat seseorang stres, khususnya para kaum perempuan. Sebenarnya untuk mengatasi hal ini, jadikan memasak sebagai aktivitas menyenangkan dengan menerapkan beberapa cara mudah.

Memang, bagi mayoritas orang memasak merupakan kewajiban yang merepotkan. Sebab, Anda dituntut untuk berpikir menu apa yang akan dibuat, bahan-bahan apa saja yang perlu disiapkan, hingga turun tangan mengolahnya sendiri di dapur.

Nah, agar tidak terjebak dengan situasi stres ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini ulasannya:

Pahami bahwa Masak di Rumah lebih Sehat
Selain lebih mahal, memesan makanan dari restoran belum tentu menyehatkan. Terlebih bila yang dipilih adalah restoran junk food dengan menu tinggi kalori, lemak jenuh, gula, ataupun sodium. Restoran seperti ini umumnya juga minim menu makanan bergizi. Tidak ada buah, sayur, atau biji-bijian segar untuk dikonsumsi.

Di sisi lain, orang-orang yang masak makanannya sendiri di rumah cenderung lebih sehat. Hal ini karena mereka bisa berhati-hati menambahkan bahan makanan seperti garam, gula, atau penyedap rasa ke dalam makanan. Begitu juga dengan pemilihan porsi dan jenis makanan yang akan diasup.

Selain itu, makan bersama keluarga di rumah secara teratur juga terbukti baik bagi perkembangan anak. Tingkat kepercayaan diri dan performa akademis mereka akan meningkat. Anak-anak juga terhindar dari risiko penyalahgunaan obat-obatan terlarang, hamil di luar nikah, atau depresi. Ini karena anak-anak berkesempatan mengutarakan cerita atau keluh kesah mereka saat duduk bersama keluarga di meja makan.

Yakini bahwa Memasak dan Makan adalah Anugerah yang Patut Disyukuri
Menyadari bahwa tidak semua orang di dunia berkesempatan menikmati makanan enak sangat penting untuk membuat Anda tetap bersyukur. Di beberapa budaya, kegiatan memasak bahkan dianggap sebagai sebuah anugerah.

Para juru masak memasuki dapur dengan rasa syukur. Berterima kasih pada Tuhan bahwa mereka punya bahan makanan yang bisa diolah menjadi makanan bergizi untuk keluarganya. Meski terdengar klise, cara ini sangat efektif untuk membuat Anda jadi lebih bersyukur saat mulai masuk ke dapur hingga memasak.

Hadirkan Kedamaian dalam Diri saat Memasak
Cara lain agar kegiatan masak tidak terlalu membuat stres adalah dengan menciptakan suasana damai sendiri. Misalnya, Anda bisa mulai masak dengan memasukkan beras ke dalam panci. Membiarkannya panas lalu mencium aroma tanah yang khas.

Siapkan juga wajan di atas kompor, tambahkan tetesan minyak, lalu mulai masukan bawang bombay, bawang putih, dan rempah lainnya. Mencium aroma tumisan seperti ini bisa membuat tubuh lebih rileks.

Setelah itu, masukan potongan sayuran aneka warna. Seperti wortel berwarna orange, paprika merah, dan zucchini. Amati warna-warna cerah yang menenangkan tersebut. Bayangkan pula bagaimana para petani bekerja keras menanam sayuran itu dan memanennya.

Masukan potongan tomat, chickpea, atau bahan lainnya ke dalam wajan. Tunggu hingga aromanya keluar dan semua bahan matang. Tanpa disadari, panci berisi beras sudah matang menjadi nasi dan tumis sayuran chickpea Anda juga sudah siap. Kegiatan memasak pun jadi lebih menyenangkan dengan menerapkan cara-cara tadi. Selamat mencoba, ya! (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.