35 Wartawan dan Pekerja Media Ditangkap Pemerintah Turki

Avatar of PortalMadura.Com
35 Wartawan dan Pekerja Media Ditangkap Pemerintah Turki
Ulama Turki yang bermukim di AS, Fethullah Gulen (foto: dok VOA)

PortalMadura.Com – Pihak berwenang mengeluarkan , Kamis (10/8/2017) bagi 35 dan profesional media yang dicurigai memiliki hubungan dengan seorang ulama Muslim yang dituduh mendalangi kudeta yang gagal tahun lalu.

PortalMadura.Com, melansir dari VOA Indonesia, Kantor berita yang dikelola pemerintah Anadolu mengatakan, para tersangka diduga menggunakan aplikasi pesan yang disukai oleh pengikut Fetullah Gulen, pemimpin spiritual yang bermukim di Amerika, untuk berkomunikasi satu sama lain.

Anadolu mengatakan bahwa para wartawan itu disangka “menjadi anggota dalam sebuah organisasi teror”.

Sembilan orang telah ditangkap di ibukota Turki Istanbul dalam tindakan keras terakhir terhadap wartawan, termasuk Burak Ekici, seorang editor surat kabar oposisi Birgun.

Asosiasi Jurnalis Turki mengatakan sekitar 150 perusahaan media telah ditutup, dan sekitar 160 dipenjara sejak usaha yang gagal Juli 2016 untuk menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan dari kekuasaan.

Sekitar 50 ribu orang telah dipenjara dalam tindakan keras yang dilakukan oleh pemerintah Turki, sementara lebih dari 100 ribu pegawai pemerintah kehilangan pekerjaan mereka.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.