4 Bulan, Lima Kecamatan di Sumenep Tak Tebus Raskin

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Sedikitnya lima kecamatan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tidak melakukan penebusan selama empat bulan sejak awal tahun 2016.

Lima kecamatan itu, Kecamatan Batuan dengan pagu 10,770 ton per bulan, Dungkek dengan pagu 46.635 ton, Giligenting dengan pagu 48.030 ton, Kangayan dengan pagu 41.130 ton dan Masalembu dengan pagu raskin 12.690 ton per bulannya.

“Lima kecamatan itu sama sekali tidak melakukan penebusan raskin sejak Januari hingga April 2016,” terang Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Pemkab Sumenep, Heri Koentjoro P, Jumat (20/5/2016).

Selain itu, lanjut Heri, kecamatan Bluto hanya menebus raskin selama 1 bulan, yakni Januari sebanyak 13,905 ton, sementara pagunya mencapai 79.650 ton perbulan.

“Kami tidak tahu apa penyebabnya kenapa sampai ada yang tidak menebus raskin sama sekali. Bisa jadi persoalan dana tebusannya yang tidak ada,” ucapnya.

Ia berharap, para kepala desa yang belum menebus raskin segera menebus agar program pemerintah ini benar-benar tepat waktu karena warga kurang mampu sangat membutuhkan beras tersebut.

“Tapi kami tidak bisa menekan begitu saja ke para kades dan pihak kecamatan karena saat ini sistem penebusan raskin kan harus bayar dulu baru ada barang, tapi kami harapkan segera ditebus,” tegasnya.

Pagu raskin di Sumenep sebanyak 1.745.090 ton per bulan untuk 27 kecamatan, baik kepulauan maupun daratan. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.