4 Cara Agar Anak Tak Rewel Saat Diajak Silaturahmi

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Agar Anak Tak Rewel Saat Diajak Silaturahmi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Momen lebaran menjadi momen yang dimanfaatkan umat muslim untuk saling bermaaf-maafan dan bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, sahabat juga tetangga. Di hari yang istimewa ini para orang tua biasanya juga mengajak anak-anaknya untuk bersilaturahmi bersama.

Tapi, membawa si kecil sering kali membuat sebagian orang tua kerepotan. Hal ini karena sikap anak yang mudah bosan dan rewel. Nah, bagaimana cara agar mereka merasa senang saat diajak silaturahmi?.

Yuk intip beberapa caranya berikut ini:

Kenalkan Silaturahmi ke Anak
Tips pertama adalah mengenalkan apa itu silaturahmi ke anak. Ajak anak bicara mengenai seluk beluk dan pentingnya melakukan silaturahmi saat lebaran. Jelaskan juga bahwa momen ini merupakan momen yang sangat bermakna. Ceritakan juga hal menyenangkan seputar momen silaturahmi agar anak merasa antusias melakukan aktivitas tersebut.

Jaga Kondisi Kesehatan Anak
Pastikan untuk menjaga kondisi kesehatan anak. Jangan sampai orang tua terlalu semangat melakukan silaturahmi ke sana ke mari tapi mengabaikan kesehatan anak. Anak juga bisa merasa sangat capek jadi penting untuk melakukan silaturahmi secara lebih bijak lagi. Terapkan lagi pola makan yang sehat saat Lebaran untuk keluarga apalagi di hari di mana ada banyak sajian makanan serta camilan lezat yang bisa disantap anak kapan saja.

Atur Jadwal Silaturahmi
Atur jadwal silaturahmi sebaik mungkin. Tentukan tempat saudara mana saja yang ada dikunjungi dalam satu hari. Jika tidak memungkinkan bersilaturahmi ke semua saudara dalam satu hari, jadwalkan silaturahmi di hari esok, lusa atau hari berikutnya.

Siapkan Kebutuhan Anak Selama Silaturahmi
Selama silaturahmi dan berkunjung ke tempat sanak saudara, pastikan untuk tetap menyiapkan segala kebutuhan anak dengan baik. Bawakan anak pakaian yang nyaman dan sopan, bawakan makanan segala keperluannya yang mungkin saja tidak ada di rumah saudara atau kakek neneknya. Gunakan pula kendaraan yang aman dan pastinya nyaman.

Nasehati Anak dalam Bersikap Selama Silaturahmi
Menasehati anak dalam bersikap selama silaturahmi juga penting buat dilakukan. Ajarkan anak bagaimana cara bersikap yang baik di tengah keluarga besarnya, di hadapan orang yang baru di kenal dan di rumah orang yang baru buatnya. Minta anak untuk tetap tenang selama silaturahmi. Kalau pun anak mulai rewel karena capek atau lainnya, secepat mungkin Anda perlu menenangkan dan membuatnya kembali nyaman.

Baca Juga : 4 Manfaat Ajak Anak ke Acara Keluarga Saat Lebaran

Itulah beberapa tips mengajak anak bersilaturahmi saat Lebaran. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut Hari Kemenangan yakni Hari Raya Idul Fitri.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.