4 Cara Atasi Gigi Sensitif, Apa Saja?

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Atasi Gigi Sensitif, Apa Saja?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Biasanya, sebagian orang saat mengonsumsi permen, minuman dingin, atau minuman panas kerap muncul rasa sakit yang menusuk pada gigi. Nah, hal yang muncul seperti ini adalah salah satu tanda adanya .

Gigi sensitif merupakan kondisi yang disebabkan oleh iritasi saraf di gigi. Gejala yang dikenal sebagai hipersensitif dental ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman ketika mengonsumsi minuman dingin atau panas, makanan dan minuman manis, serta makanan atau minuman asam.

Sebenarnya, terdapat berbagai hal yang menyebabkan munculnya gigi sensitif yang cukup menyiksa ini. Lantas bagaimana cara menyiasati jika gigi sudah terlanjur sensitif?.

Berikut empat cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati gigi sensitif yang Anda miliki:

Memilih Sikat Gigi yang Tepat
“Kamu sebaiknya memperhatikan apakah kamu menggunakan sikat gigi dengan jenis soft dan jangan mencoba yang lebih keras. Selain itu sebaiknya juga berkonsultasi dengan dokter mengenai cara menyikat gigi yang tepat,” jelas dr Jyoti Deshpande, orthodontist dari Dent-O-Pearrl clinic, Mumbai.

Gunakan Pasta untuk Gigi Sensitif
Selain sikat gigi, pasta gigi yang digunakan juga harus benar-benar diperhatikan. Beberapa pasta gigi dapat menyebabkan munculnya rasa sensitif pada gigi. Namun, terdapat jenis tertentu yang tetap aman dan nyaman digunakan bagi orang dengan gigi sensitif.

Air Garam
Mencampur garam dengan air dapat menjadi pilihan yang baik bagi mulut untuk berkumur. Melakukan hal ini dapat membantu mengusir rasa sakit akibat gigi sensitif. Hal ini dapat terjadi karena garam merupakan antiseptik alami yang mampu mencegah pembengkakan.

Memeriksakan Gigi Secara Rutin
Pastikan Anda memeriksakan gigi secara rutin setiap tiga bulan sekali. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah gigi yang mungkin atau tengah Anda alami. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.