oleh

4 Cara Bikin Belajar Anda Lebih Fokus dan Penuh Manfaat

PortalMadura.Com – Belajar merupakan salah satu kunci seseorang untuk menuju kesuksesan di bidang pendidikan. Sayangnya, terkadang masih ada pelajar yang kurang fokus saat mempelajari mata pelajarannya.

Nah, jika Anda termasuk pelajar yang sering tidak fokus saat belajar, Anda tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar lebih fokus belajar sehingga bisa mendatangkan manfaat.

Berikut ini ulasannya:

Perbanyaklah Membaca
Jika tidak suka membaca, mulailah membaca sedikit demi sedikit sesuai kemampuan. Ketahuilah bahwa membaca buku yang menantang dan sulit dipahami bisa menambah kosakata.

Belajarlah dengan cara yang bermanfaat. Belajar adalah salah satu faktor penting di setiap jenjang pendidikan. Nilai Anda akan semakin tinggi dengan belajar dua jam setiap hari. Akan tetapi, waktu dua jam ini harus digunakan untuk belajar dengan cara yang bermanfaat.

Jangan Menunda Belajar
Membuat jadwal rutin untuk diri sendiri akan sangat bermanfaat. Jauhkan dahulu perangkat elektronik, misalnya ponsel, dan laptop Anda sebab bisa menimbulkan gangguan. Sepulang sekolah, baca lagi semua materi yang diajarkan di kelas dan kerjakan beberapa soal matematika sebagai latihan agar Anda bisa menjadi juara kelas.

Loading...

Beristirahatlah Sejenak Selama Belajar
Sempatkan beristirahat selama 15 menit setelah Anda belajar dua jam. Jangan merasa kesal jika ada pelajaran yang sulit. Beristirahatlah sejenak lalu fokus lagi pada materi yang harus dipelajari agar Anda bisa berprestasi di sekolah.

Selain itu, cari tahu topik apa yang akan dibahas besok di sekolah lalu bacalah topik tersebut sebelum mengikuti pelajaran. Cara ini bisa membuat Anda lebih siap mengikuti pelajaran yang akan dibahas dan lebih mudah memahami materi yang sulit dimengerti. Beri tanda jika ada konsep yang sulit dipahami dan ajukan pertanyaan jika masih ragu.

Belajarlah Lebih Banyak
Kerjakan soal-soal dan tugas tambahan untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi. Meskipun Anda baru memahami 98% materi yang diajarkan di dalam kelas, cara tersebut bisa membantu Anda mendapatkan nilai yang lebih tinggi dan memahami pelajaran lebih baik.

Jika tugas Anda sudah selesai, tanyakan kepada guru apakah ada tugas lain yang bisa Anda kerjakan. Jawablah soal-soal yang ada di buku tahun ajaran berikutnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir Anda.

Sehingga, Anda menjadi lebih siap untuk mengikuti tahun ajaran yang akan datang. Berusahalah masuk sekolah setiap hari agar tidak ketinggalan materi pelajaran yang penting. Sebab hal ini sangat diperlukan untuk memperdalam kemampuan belajar. (merdeka.com/Salimah)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar