4 Cara Bikin Ibadah Puasa dan Pekerjaan Tetap Lancar Selama Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Bikin Ibadah Puasa dan Pekerjaan Tetap Lancar Selama Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memperbanyak kegiatan ibadah selama Ramadan memang menjadi resolusi mayoritas umat muslim dalam mengisi hari-harinya. Namun, bagi mereka yang harus bekerja dan telah disibukkan dengan urusan pekerjaan dan kantor sehari-harinya, tentu menambah porsi ibadah di sela-sela kesibukan mereka menjadi tantangan tersendiri.

Maka dari itu, supaya momen Ramadan tidak terbuang sia-sia, manfatkan setiap waktu Anda secara maksimal agar porsi ibadah meningkat, tapi ibadah Anda tetap tidak sampai mengganggu pekerjaan Anda di kantor.

Berikut empat hal yang bisa Anda lakukan agar ibadah puasa dan :

Tidak Tidur setelah Sahur dan Salat Subuh
Setelah sahur dan salat Subuh biasanya rawan godaan untuk kembali tidur. Daripada tidur atau menonton acara sahur di televisi, Anda bisa memanfaatkan waktu setelah sahur untuk melakukan salat Tahajud.

Anda juga bisa melawan godaan untuk tidur dengan membaca Alquran sambil menunggu salat Subuh. Setelah salat Subuh, hendaknya jangan kembali tidur. Anda bisa melakukan olahraga ringan atau mempersiapkan tugas-tugas yang nantinya akan dikerjakan di kantor.

Manfaatkan Perjalanan ke Kantor
Waktu perjalanan ke kantor harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jarak yang lumayan jauh ditambah kemacetan biasanya membuat Anda berada di jalanan paling tidak satu jam. Jika Anda berada di angkutan umum dan memungkinkan, manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk membaca Alquran. Jika tidak memungkinkan membaca Alquran, Anda bisa berzikir dengan banyak membaca tasbih atau istigfar.

Pulang Tepat Waktu
Sehabis jam kerja, segeralah pulang ke rumah untuk menyantap hidangan berbuka puasa bersama keluarga. Momen ini akan merekatkan hubungan Anda dengan keluarga. Jangan membawa pekerjaan kantor ke rumah, berkumpullah dengan keluarga semaksimal mungkin. Ajak keluarga untuk pergi salat tarawih bersama-sama dan tadarus Alquran bersama-sama. Jadikan Ramadan sebagai momen untuk mengikat hati antara Anda dengan anggota keluarga.

Tidur Lebih Awal
Pergilah tidur lebih awal agar tubuh Anda dapat cukup beristirahat. Waktu istirahat yang cukup akan membuat tubuh Anda kembali bugar dan siap kembali untuk menjalani hari selanjutnya. Tidur lebih awal juga membantu Anda lebih mudah bangun saat nanti sahur dan meminimalkan kondisi lelah dan mengantuk saat di kantor. Istirahat yang cukup juga membantu Anda untuk tetap fokus pada pekerjaan meskipun harus berpuasa. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.