oleh

4 Cara Cepat dan Mudah Gabungkan File PDF

PortalMadura.Com – Umumnya, ketika melamar pekerjaan atau mendaftar di perguruan tinggi, salah satu syaratnya file harus dikirim dalam bentuk PDF. File-file tersebut juga harus digabung menjadi satu PDF. Hal inilah yang terkadang membuat sebagian orang kebingungan cara menggabungkan file PDF.

Bagi yang belum familiar, proses ini memang terdengar rumit. Padahal, sebenarnya ada beberapa cara yang cukup mudah untuk menggabungkan file PDF. Anda penasaran?.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Ubah File PDF ke JPG

Berikut empat cara menggabungkan file PDF di komputer dan smartphone Android dengan cepat dan mudah, seperti dilansir dari laman detik.com, Minggu (28/7/2019) :

Menggabungkan File PDF dengan Adobe Reader

Adobe merupakan pengembang format PDF tentu memiliki layanan yang memungkinkan Anda untuk mengolah file tersebut, yakni Adobe Reader. Cara mengoperasikannya, buka aplikasi Adobe Reader dan klik tab Tools yang berada di pojok kiri atas. Kemudian, pilih opsi Combine Files.

Untuk menambahkan file yang ingin digabungkan klik Add Files. Selanjutnya pilih file-file yang diinginkan, klik Combine. Setelah selesai digabungkan, maka Anda bisa menyimpan file tersebut di folder yang diinginkan dengan klik tab File kemudian Save As.

Menggabungkan File PDF dengan Foxit Reader

Foxit Reader adalah salah satu aplikasi untuk membaca dan mengedit file PDF yang cukup populer. Untuk menggabungkan file PDF dengan aplikasi ini, yaitu pilih menu File kemudian Create dan pilih From Multiple Files. Setelah window baru muncul, centang Merge multiple files into a single PDF file.

Loading...

Untuk menambahkan file, klik Add Files dan pilih file yang ingin digabungkan. Setelah semua file berhasil diunggah, Anda bisa mengurutkan atau menghapus file sesuai keinginan. Setelah selesai diatur, klik Convert dan tentukan di mana Anda ingin menyimpan file tersebut.

Menggabungkan File PDF dengan Xodo

Perlu Anda ketahui, bahwa kedua cara di atas bisa Anda lakukan jika ingin menggabungkan file PDF dengan menggunakan komputer atau PC. Nah, untuk aplikasi Xodo bisa Anda gunakan bila ingin menyatukan file PDF menggunakan smartphone Android.

Caranya, terlebih dahulu instal aplikasi Xodo dari Google Play Store. Kemudian, klik tombol + yang berada di sisi kanan bawah dan pilih opsi PDF from Documents. Pilih file-file yang ingin disatukan, lalu klik Merge yang ada di pojok kanan bawah. Beri nama file sesuai keinginan dan klik Merge. Setelah selesai pilih lokasi untuk menyimpan file tersebut.

Menggabungkan File PDF Secara Online

Cara yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menggabungkan file PDF menggunakan smartphone tanpa perlu mengunduh software atau aplikasi tambahan. Sebab, Anda bisa melakukannya hanya dengan mengakses situs di browser. Salah satu situs yang bisa Anda gunakan adalah SmallPDF.

Caranya, setelah masuk ke halaman depan SmallPDF, pilih menu Merge PDF. Klik Choose File untuk memilih file mana saja yang ingin digabungkan. Setelah semua file berhasil diunggah, Anda bisa mengurutkan atau menghapus file sesuai keinginan. Setelah selesai diatur, klik Merge PDF dan Anda pun bisa menyimpan file PDF yang telah digabungkan di folder yang diinginkan. Selamat mencoba!


Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com

Komentar