oleh

4 Cara Cerdas Lawan Kejahatan Cyberbullying di Media Sosial

PortalMadura.Com – Media sosial (Medsos) saat ini sudah menjadi hal lumrah dimiliki hampir semua orang dari berbagai kalangan. Sehingga, penggunaan medsos harus memberikan pengaruh positif bagi penggunanya. Bukan malah sebaliknya, seperti yang marak terjadi akhir-akhir ini.

Salah satunya cyberbullying atau bully yang merajalela di media sosial. Meskipun tidak berdampak langsung dalam kehidupan nyata, namun justru bisa lebih parah. Sehingga tindakan ini harus dilawan agar tidak merusak kehidupan penggunanya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melawan cyberbullying di medsos. Penasaran? Berikut ini penjelasannya:

Jangan Respon
Anda tidak perlu merespon komentar yang bersifat intimidatif, yang mencaci, mengejek, menghina dan juga mencela.

Jika Anda malah bereaksi, pelaku bullying akan puas dan akan terus-menerus melakukan hal ini

Jangan Balas Dendam
Ibarat kalimat ‘masuk kuping kiri, keluar kuping kanan’, Anda tidak perlu membalas dendam atas tindakan yang diterima.

Jika Anda membalas secara terang-terangan, pelaku bullying akan terus mencari ‘sekutu’ pem-bully yang baru

Simpan Bukti Bullying
Lebih baik bagi Anda untuk meng-capture bukti bullying yang dilakukan di media sosial, baik itu berupa pesan, foto atau komentar agar bisa ditunjukkan ke pihak yang berwenang.

Temukan Pihak Berwajib
Jika aksi cyberbullying terus berlangsung, kini saatnya Anda untuk melaporkan ke pihak berwajib, seperti pengelola medsos, guru, orangtua, kerabat dekat.

Selain langkah-langkah di atas, Anda juga harus menjaga keamanan akun medsos Anda. Jangan tulis informasi personal begitu detail di medsos, seperti alamat dan nomor ponsel. Anda bahkan disarankan untuk selalu log out dan keluar dari semua akun internet milik Anda agar menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hidup terlalu berharga untuk terus diratapi dalam kesedihan. Jangan terlalu larut dalam komentar negatif yang dapat merusak hidup Anda. Maka yang harus dilakukan yaitu stand up dan lawan siapapun yang menganggu Anda di medsos. (liputan6.com/Desy)


Komentar