oleh

4 Cara Didik Si Kecil Agar Mandiri Sejak Dini

PortalMadura.Com – Tanggung jawab orang tua pada anak adalah mengusahakan yang terbaik dan memberikan arahan serta didikan yang tepat untuk si kecil. Karena itu, sebagai orang tua juga harus terus belajar dari waktu ke waktu cara yang benar dalam mengasuh anak.

Orang tua juga perlu memilih dan memilah metode yang tepat dalam mendidik si kecil sesuai kepribadiannya agar bisa menjadi pribadi yang baik dan mandiri atau tidak manja. Sebab, karakter dan kepribadian setiap anak berbeda-beda satu sama lain. Apalagi, mendidik anak agar tidak manja memang penuh dengan tantangan dan kesabaran, namun orang tua bisa memulai dari hal-hal yang sederhana. Dilansir PortalMadura.Com, Kamis (11/7/2019), pada laman fimela.com.

Nah, berikut ini empat cara mendidik anak agar tidak manja sejak dini:

Beri Tanggung Jawab Pekerjaan di Rumah

Dilansir dari verywellfamily.com, salah satu cara yang bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri dan tanggung jawab anak mulai sejak dini, yaitu dengan memberi mereka pekerjaan di rumah yang disesuaikan dengan usianya.

Misalnya, merapikan tempat tidurnya sendiri, menyuruh anak untuk mencuci piringnya usai makan, dan melatih anak menyapu rumah dengan benar. Praktik ini bisa menjadi latihan yang baik untuk mengajarkan pentingnya tanggung jawab pada si kecil.

Anda pun bisa membantu anak untuk melakukan sebuah pekerjaan di rumah supaya si kecil memahami bahwa Anda tidak bisa selalu bergantung pada orang lain untuk melakukan sesuatu.

Biasakan Berterima Kasih

Orang tua adalah panutan atau contoh bagi anak-anaknya. Jadi, mulai dari Anda untuk membiasakan berterima kasih dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak akan terbiasa berterima kasih bila sering melihat orang tuanya berterima kasih.

Loading...

Kebiasaan ini memang tampak sepele, tapi tidak sedikit dari orang tua yang lupa untuk sering mempraktikkannya. Padahal, kebiasaan ini sangat membantu tumbuh kembang anak untuk tidak manja. Selain itu, anak bisa menghargai usaha orang lain dan dengan senang hati juga mau membantu orang lain.

Tidak Berlebihan dalam Memberi Pujian

Memberikan pujian pada anak memang bisa menimbulkan pro dan kontra. Namun, satu hal terpenting dalam pemberian pujian adalah tidak berlebihan. Seperti memberi pujian atas usaha mereka saat berhasil melakukan atau menyelesaikan sesuatu. Sehingga, Anda menjadikan pujian sebagai semangat dan motivasi untuk membantu anak menjadi pribadi yang lebih baik.

Untuk itu, cobalah lebih selektif dalam pemberian pujian pada anak. Bukan malah membuat anak menjadi terlalu dimanjakan.

Baca Juga: Inilah 5 Kesalahan Orangtua yang Bikin Anak Jadi Nakal dan Manja

Libatkan Anak dalam Aktivitas-aktivitas Sosial

Cara terakhir yang bisa membuat anak tidak manja adalah dengan melibatkan mereka untuk mengikuti aktivitas-aktivitas sosial. Bangun empati dengan melibatkan si kecil untuk ikut aktif membantu orang-orang yang membutuhkan.

Aktivitas sosial ini bisa dimulai dengan mengumpulkan mainan-mainan yang sudah tidak dipakai tapi masih dalam kondisi bagus untuk disumbangkan, membuat kue untuk dibagikan ke para tetangga, dan lain sebagainya.

Saat anak sudah familier dengan kegiatan membantu orang lain, ke depannya si kecil kemungkinan tidak akan menjadi anak yang manja.


Rewriter : Salimah
Sumber : fimela.com

Komentar